Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik (Kuda-kuda, Sikap Pasang, dan Belaan) Pemcak Silat Pada Mahasiswa Prodi Penjaskesrek Tahun Akademik 2023/2024

Authors

  • Nyoman Sadhu Gunawan Undiksha
  • I Gede Suwiwa Undiksha
  • Hendra Mashuri Undiksha

Keywords:

Media Video Pembelajaran, Teknik Pencak Silat, Model ADDIE

Abstract

Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan melalui wawancara analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah TP pembelajaran pencak silat bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial ini dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai penunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran teknik (kuda-kuda, sikap pasang, dan belaan) pencak silat berbasis video tuorial dalam dengan model ADDIE.  Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dalam bentuk skala skor. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dalam bentuk skala skor. Pengembangan video pembelajaran divalidasi oleh ahli isi/materi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran. Setelah itu dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek penelitian ini melibatkan mahasiswa kelas C semester III Penjaskesrek. Berdasarkan penilaian ahli isi materi mendapatkan nilai 92,0% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran mendapatkan nilai 96,0% dengan kategori sangat baik, ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 91,0% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba produk yaitu pada uji coba perorangan mendapatkan nilai 94,5% dengan kategori sangat baik, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai 94% dengan kategori sangat baik dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan nilai 92,8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada pembelajaran.

Author Biography

I Gede Suwiwa , Undiksha

Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan melalui wawancara analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah TP pembelajaran pencak silat bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial ini dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai penunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran teknik (kuda-kuda, sikap pasang, dan belaan) pencak silat berbasis video tuorial dalam dengan model ADDIE.  Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dalam bentuk skala skor. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dalam bentuk skala skor. Pengembangan video pembelajaran divalidasi oleh ahli isi/materi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran. Setelah itu dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek penelitian ini melibatkan mahasiswa kelas C semester III Penjaskesrek. Berdasarkan penilaian ahli isi materi mendapatkan nilai 92,0% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran mendapatkan nilai 96,0% dengan kategori sangat baik, ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 91,0% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba produk yaitu pada uji coba perorangan mendapatkan nilai 94,5% dengan kategori sangat baik, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai 94% dengan kategori sangat baik dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan nilai 92,8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada pembelajaran.

References

Artawijaya, I Putu Eka (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Pencak Silat Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Singaraja Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha,

Ahmad Fadillah, & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182.

Adisasongko, N. (2019). Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKR SMK. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2019.

Mandalika & Syahril. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Tata Rian Pengantin Indonesia. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), 85-92,

Santika, I. M. P., Budaya Astra, I. K., & Suwiwa, I. G. (2022). Studi Etnografi Serta Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Perguruan Pencak Silat Putra Garuda di Desa Anturan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(2), 51–65.

Batubara, Hamdan Husein, dkk. (2022). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemiu Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74-84,

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. IKA, 11(1), 12–26.

Benny, A. (2016). Teori Belajar Konstru Ktivistik Dalam Aktivitas Pembelajaran. Universitas Terbuka. 75-86.

Nurwahidah, dkk. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Pemikiran & Pencerahan. 17(1), 118-139.

Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial. Seminar Nasional tentang Pemanfaatan Media bagi Anak Milenial, 6, 5–9.

Jani, I Made Gelgel, Wahjoedi & Ni Putu Dwi Sucita Dartini. (2022). Media Pembelajaran Sepakbola Pada Peserta Didik VII. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 151-155

Saputri, Komang Ayu Laksmi Saputri & I Gede Suwiwa. (2020). Media Pempelajaran Video Tutorial Teknik Dasar Lempar Pentaque. Jurnal Mimbar Ilmu,22(2), 254-261,

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta.

Gede, I., Darsana, A., Made Satyawan, I., Luh, N., Spyanawati, P., Ketut, I., Astra, B., Yogi, K., Lesmana, P., & Olahraga, P. (2021). Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 182–190.

Halbatullah, K., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2019). Pengembangan Model Latihan Fleksibilitas Tingkat Lanjut Dalam Pembelajaran Pencak Silat. Jurnal IKA, 17(2).

Kadek, I., Pratama, D., Lanang, G., Parwata, A., & Suwiwa, I. G. (2021). Media Pembelajaran Teknik Dasar Passing Bolavoli Berbasis Video Tutorial. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 263–269.

Talizaro Tafonao. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 45–56.

Ulum,M, L.K.B.Asra & I.G. Suwiwa. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Shooting Petanque pada Mahasiswa Prodi Penjaskesrek. Indoensian Journal Of Sport & Tourism, 4(1), 39-50,

Wasono Aji, F., & Indahwati, N. (2023). Pengaruh Permainan Sirkuit Akar Pensil Terhadap Hasil Belajar Gerak Dasar Pencak Silat Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 7(1).

Downloads

Published

2025-01-27