PENERAPAN KOOPERATIF TIPE (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR TOLAK PELURU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.981Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar tolak peluru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Baturiti tahun pelajaran 2012/2013”. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus, terdiri dari, rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Baturiti yang berjumlah 23 orang terdiri dari 9 siswa putra dan 14 siswa putri.Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar teknik dasar tolak peluru secara klasikal sebesar 7,43 (aktif), dan pada siklus II sebesar 9.48 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 2,05. Persentase hasil belajar teknik dasar tolak peluru secara klasikal pada siklus I sebesar 73,91% (cukup), dan pada siklus II sebesar 95,65% (baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,74%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat ditarik simpulan bahwa aktivistas dan hasil belajar meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Baturiti tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar tolak peluru.Downloads
Published
2013-07-10
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)