IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Penulis

  • I Gede Angga Andika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i3.1177

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas X 4 SMA Negeri 2 Semarapura.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan  refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X 4 SMA Negeri 2 Semarapura, yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 16 siswa putra dan 14 siswa  putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data yang diperoleh adalah untuk motivasi belajar teknik dasar passing bola voli pada siswa X 4 SMA Negeri 2 Semarapura secara klasikal pada observasi awal 61,57 (cukup), pada siklus I meningkat menjadi 68,97 (tinggi), dan pada siklus II meningkat menjadi 80,63 (tinggi). Sedangkan persentase hasil belajar passing bola voli secara klasikal pada observasi awal 40% (sangat kurang), pada siklus I meningkat menjadi 73,33% (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 90% (sangat baik). Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli siswa meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif TPS pada siswa kelas X 4 SMA Negeri 2 Semarapura tahun pelajaran 2012/2013.

Abstract: This study aimed at improving motivation and learning achievement on basic technique of volley ball pass through the implementation of cooperative learning model “Think Pair Share (TPS)” on X 4 class students SMA Negeri 2 Semarapura. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Consists of a plan of action, action, evaluation, and reflection. Research subjects graders X 4 SMA Negeri 2 Semarapura, which totaled 30 people, consisting of 16 boys and 14 female student. Data were analyzed using descriptive statistical analysis. The result of the analysis showed that the percentage of  X 4 class students’ learning motivation for basic technique of volley ball passing at initial observation in SMA Negeri 2 Semarapura in the classical was only 61,57 (inove), at the first cycle increased was 68,97 (high), and in the second cycle increased was 80,63 (high). Meanwhile, the percentage of X 4 class students’ learning achievement for basic technique of volley ball passing at initial observation was only 40% (very less), at the first cycle increased was 73.33% (enough), and then at the second cycle increased was 90% (excellent). Based on the data analysis and discussion, it was found that X 4 class students’ learning motivation and learning achievement significantly improved through the implementation of cooperative learning model “TPS” in SMA Negeri 2 Semarapura in Academic Year 2012/2013.

 

Kata-kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TPS, motivasi belajar, hasil belajar, teknik dasar passing bola voli.

Diterbitkan

2013-08-12

Terbitan

Bagian

Articles