PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Penulis

  • A Febi Arif Isnaini .
  • Dr. Wahjoedi,S.Pd,M.Pd .
  • Dr. Made Agus Wijaya, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.13104

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experiment) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-postest control group the same subject design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A7 dan VII A8 SMP Negeri 3 Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 54 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini terdiri atas (1) soal berbentuk uraian (kognitif), (2) lembar observasi sikap siswa (afektif), dan (3) lembar observasi unjuk kerja passing bola basket (psikomotor). Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Data penelitian selanjutnya melalui tahapan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata nilai pretest 72,86 sedangkan kelompok kontrol 73,61. Sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelompok eksperimen, diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,62 dan pada kelompok kontrol sebesar 82,57. Adapun sebaran data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata gain score normalisasi yang didapatkan pada masing-masing kelompok adalah pada kelompok eksperimen sebesar 0,58 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,30. Berdasarkan uji t diperoleh angka signifikansi yaitu sig<0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket. Dengan demikian disarankan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Model pembelajaran, STAD, hasil belajar, bola basket.

This study aims to determine the effect of STAD type cooperative learning model on learning passing (chest pass and bounce pass) of basketball. This study is a true experimental study using the randomized pretest-posttest control group design of the same subject design. The sample of the research is the students of class VII A7 and VII A8 SMP Negeri 3 Sawan in the Lesson Year 2017/2018 amounting to 54 students. Instruments in this study consisted of (1) cognitive-shaped questions, (2) student attitude observation sheets (affective), and (3) observation sheet of basketball passing performance (psychomotor). Learning result data is collected through pretest and posttest. Further research data through the prerequisite test stage is the normality and homogeneity test and hypothesis test using t test at the 0.05 significance level. In the experimental group obtained an average pretest value of 72.86 while the control group 73.61. While the average posttest value in the experimental group, obtained an average value of 87.62 and in the control group of 82.57. The distribution of data in this study is normal and homogeneous distribution. The average gain score normalization obtained in each group is in the experimental group of 0.58 while the control group of 0.30. Based on t test, the significance level is sig <0,05. So it can be concluded that STAD type cooperative learning model has a significant effect on learning passing result (chest pass and bounce pass) basketball. Thus it is suggested for teachers to apply STAD type cooperative learning model in the learning process.
keyword : Learning model, STAD, learning outcomes, basketball.

Diterbitkan

2018-01-25

Terbitan

Bagian

Articles