IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI

Penulis

  • I Dewa Made Suastika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i5.1806

Abstrak

Abstrak : Penelitihan ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai roll depan melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas V SD No 1 Baha  tahun pelajaran 2012/2013.

Jenis penelitihan tergolong penelitihan tindakan kelas dengan guru sebagai peneliti. Penelitihan dilakukan sebanyak 2 siklus dengan rancangan siklus terdiri dari langkah-langkah, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitihan adalah siswa kelas V SD No 1 Baha  berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 orang putra dan 11 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptik.

Hasil analisis data aktivitas belajar siklus I secara klasikal sebesar 7,31 berada pada skala aktif, meningkat pada siklus II menjadi sebesar 9,27 berada pada katagori sangat aktif, dengan peningkatan sebesar 1,96. Rata-rata aktivitas belajar senam lantai roll depan dari kedua siklus berada pada katagori aktif sebesar 7,31 pada katagori sangat baik, meningkat pada siklus II menjadi sebesar 94,12 %. Rata-rata presentasi ketuntasan hasil belajar senam lantai roll belakang dari kedua siklus berada pada katagori sangat baik yaitu 89,70% sudah memenuhi KKM secara klasikal yaitu > 75% sehingga hasil belajar senam lantai dinyatakan tuntas.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar senam lantai meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas V SD No. 1 Baha  tahun pelajaran 2012/2013. Oleh karena itu disarankan kepada guru penjasorkes untuk dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran senam lantai.

 

Kata-kata kunci:    Model pembelajaran Kooperatif tipe NHT, aktivitas, hasil belajar dan senam lantai.

Diterbitkan

2013-11-13

Terbitan

Bagian

Articles