KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING SENAM LANTAI

Penulis

  • Ketut Tojan Puja Negara .
  • I Wayan Artanayasa, S.Pd, M.Pd. .
  • I Putu Darmayasa, S.Pd, M.For .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v2i1.2216

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling (roll) senam lantai pada siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2013-2014, yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas kelas X-2 SMA Negeri 1 Sawan, yang berjumlah 26 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar berguling secara klasikal sebesar 5,7 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I aktivitas belajar meningkat sebesar 25,45% menjadi 6,35 (cukup aktif) dan meningkat sebesar 53,84% menjadi 8 (aktif) pada siklus II. Analisis data hasil belajar belajar pada observasi awal secara klasikal sebesar 68,15 (cukup), setelah diberi tindakan pada siklus I hasil belajar meningkat sebesar 34,62% menjadi 74 (cukup) dan meningkat sebesar 26,92% menjadi 82 (baik) pada siklus II. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2013/2014. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, karena terbukti efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : NHT, aktivitas dan hasil belajar berguling senam lantai

This research aims to improve the activity qualities and the learning outcomes of the X 2 class of SMA N 1 Sawan from the academic year of 2013-2014, which consists of 26 students, in the learning of gymnastics, specifically “rolling” basic competences. This research belongs to classroom action research type, which is done in two cycles and each is composed of planning, action, observation, and evaluation. The subject of this research is all the 26 students of X 2 class of SMA N 1 Sawan. The data obtained is then analyzed using descriptive statistics techniques. The data analysis shows that there was a 25.45% improvement from the initial score of 5,7 (fairly active) to 6,35 (fairly active) after the first cycle treatment, and further 53,48% improvement to the score of 8 (active) after the second cycle, in term of qualities of forward and backward roll activities. While in term of learning outcomes there was a 34.62% improvement from the initial score of 68,15 (okay) to 74 (okay) after the first cycle treatment, and further 26,92% improvement to the score of 82 (good) after the second cycle. Based on the data elaboration and analysis, it can be concluded that NHT-type cooperative teaching model helped the improvement of the activity qualities and the learning outcomes of the X 2 class of SMA N 1 Sawan from the academic year of 2013-2014. Physical education teachers are recommended to apply NHT-type cooperative teaching model in their teaching because this model proves supportive in the development of the activities and the learning outcomes.
keyword : NHT, activities and learning outcomes of gymnastics (forward and backward roll)

Diterbitkan

2014-02-14

Terbitan

Bagian

Articles