PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET

Penulis

  • Gede Hendri Setiawan Prodi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v6i1.22259

Kata Kunci:

en

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar passing bola basket. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian the non- randomized pretests-postest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima belas kelas. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Penentuan kelas penelitian dilakukan dengan pengundian, terpilih kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok control .Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0,37, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 0,14. Berdasarkan uji Independent Samples Test angka signifikansi yang diperoleh adalah sig0,000<0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar passing bola basket. Dengan demikian disarankan untuk proses pembelajaran guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Referensi

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka

Cipta. 2001 Proses Belajar

mengajar. Cetakan pertama.

Jakarta: Bumi Angkasa.

Harmoko 2013. Penerapan pembelajaran

kooperatif model student team

achievement division (STAD)

ditinjau dari keaktifan siswa dan

hasil belajar siswa mata pelajaran

menggunakan alat ukur kelas x

jurusan teknik pemesinan di SMK

muhammadyah prambanan.

Tersedia pada

https://www.eprints.uny.ac.id/9960/

/JURNAL%20ILMIAH.pdf.diakses

pada tanggal 20 november 2015.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode

Penelitian Pengajaran Pendidikan

Jasmani dan Olahraga. Singaraja:

Jurusan Ilmu Keolahragaan

Fakultas Pendidikan Ilmu

Keolahragaan Universitas

Pendidikan Ganesha Singaraja.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendidikan: Pendekatan

Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran

Inovatif Berorientasi

Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi

Pustaka Publisher.

Universitas Pendidikan Ganesha. 2016.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan

Disertasi. Singaraja.

Wigih, Riskitri. 2013. Pengaruh Model

Pembelajaran Kooperatif

TipeStudent Teams Achievement

Division (Stad) Terhadap Hasil

Belajar Matematika Kelas 5 Sd

Negeri Jatiasih X Bekasi.

Wijaya, Made Agus. 2011. Prinsip-prinsip

Pengembangan dan Modifikasi

Cabang Olahraga. Singaraja:

Universitas Pendidikan Ganesha.

Terbitan

Bagian

Articles