MODEL KOOPERATIF TAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Penulis

  • Gede Agus Siwiara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.327

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kubutambahan yang berjumlah 30 orang terdiri dari 5 orang siswa putra dan 25 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian analisis aktivitas belajar passing bola voli mengalami peningkatan sebesar 2,5 dari 7 pada siklus I menjadi 9,5 pada siklus II yang dimana tergolong kategori Sangat aktif. Sedangkan untuk hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 10% dari 83,33% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II yang dimana tergolong kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola voli (passing bawah dan passing atas) meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kubutambahan tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli.

Kata-kata kunci:    Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, bola voli.

Diterbitkan

2013-01-28

Terbitan

Bagian

Articles