Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Tradisional bagi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Dyah Frika Lestari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33742

Kata Kunci:

pengembangan, model pembelajaran penjas

Abstrak

Pada penelitian ini bertujuan untuk (1). Menghasilkan model pengembangan pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter disiplin yang disajikan sesuai dengan tema pembelajaran kelas III SD, (2) Menguji keterlaksanaan model pengembangan pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter disiplin yang disajikan sesuai dengan tema pembelajaran kelas III sekolah dasar, (3) Menguji ketertarikan peserta didik terhadap model pengembangan pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter disiplin yang disajikan sesuai dengan tema pembelajaran kelas III sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi Pengumpulan data yaitu dengan observasi, terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD N Sendangmulyo 01 Semarang Kelas III, Wawancara kepada guru Pendidikan PJOK,studi dokumentasi, angket atau kuisioner, rekaman vidio kegiatan pembelajaran ketika dilapangan kemudian di konversikan ke data pengembangan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III di SD N 01 Sendangmulyo Semarang. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi yang dilakukan diperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 85,25% diterima dengan baik. Berdasarkan hasil peneltian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktivitas jasmani melalui permainan tradisional bagi siswa sekolah dasar dapat meningkatkan rasa senang dan percaya diri  pada siswa.

Diterbitkan

2021-04-16

Terbitan

Bagian

Articles