PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i2.36482Kata Kunci:
model pembelajaran kooperatif tipe STAD., hasil belajar teknik dasar passing bola voli.,Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjar tahun pelajaran 2018/2019, keseluruhan kelas berjumlah 8 kelas dengan populasi 259 orang. Pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen kelas dan kelas XI IPS 2 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan diluar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 0.5 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 0.21. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.000. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.Referensi
Ahmadi, Nuril. 2007. Permainan Bola Voli. Surakarta : Era Pustaka Utama
Aprida, Nurfiza. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Besaran Dan Satuan Dikelas VIII SMP Negeri 1 Bakongan”. Tersedia pada:(diakses pada tanggal 14 Juni Desember 2018).
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Fajrin, Yanuar N. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepakbola (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo)”. Tersedia pada http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/9967 Vol 2, No 2. (diakses pada tanggal 14 Juni Desember 2018).
Haris Kusuma Wardana, I Made, dkk. 2017. Belajar Teknik Dasar Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Passing Bola Basket: Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Vol 8, No 2, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan. Tersedia Pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11268/7197. (diakses pada tanggal 22 Juni Desember 2018).
Husdarta.2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Ngurah Budi Tri Adnyana, I Gusti 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola (Kaki Bagian Dalam Dan Kaki Bagian Luar) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11253/7188 (diakses pada tanggal 23 Juni 2018).
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Satriawan, Kadek, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Vol 8, No 2, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11266/7195. (diakses pada tanggal 22 Juni 2018).
Setiawan, Yuli, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHTTerhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodok: Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Vol 8, No 2, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11286/721
(diakses pada tanggal 23 Juni 2018)
Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Yulia Sandra Anabella (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 2. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Tersedia pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11270/7199. (diakses pada tanggal 22 Juni Desember 2018).
.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)