PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i2.36484Kata Kunci:
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD., hasil belajar, bola basket.,Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan dengan rancangan the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017, keseluruhan jumlah populasi 334 orang. Pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VII A1 sebagai kelompok eksperimen dan VII A2 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan diluar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes essay, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 87.622 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 82.567. Signifikansi pada tes normalitas adalah 0.71 (kelompok eksperimen) dan 0.52 (kelompok kontrol). Signifikansi pada tes homogenitas adalah 0.772. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.009. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass)bola basket. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswaReferensi
Ahriani, Faridha. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas X SMK Negeri 2BantaengTersediapada:pasca.un diksha.ac.id/ejournal/index.php/jur nal_pendas/article/view/768.(diaks es tanggal 3 Maret 2017).
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha
Marliana. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA Tersedia pada: http://ejournal.undiksha.ac.id/index
.php/JJTP/article/view/5607(diakse s tanggal 27 Februari 2017).
Marsi. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Kemampuan Abstraksi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Bangli. Tersedia:http://pasca.undiksha.ac.i d/ejournal/index.php/jurnal_tp/articl e/download/1086/834. (diakses tanggal 15 Juni 2017).
Novia. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pkn Tersedia pada: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJTP/search/authors/view?first (diakses tanggal 27 Februari 2017).
Puspawati. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Nomor 3 Legian – Badung. Tersedia pada: http://pasca.undiksha.ac.id/ejourna l/index.php/jurnal_pendas/article/d ownload/506/298. (diakses tanggal 15 Juni 2017).
Sariyasa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar IPS dan Keterampilan Sosial pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Joworawu Lombok Timur Tahun Pelajaran 2012/2013 Tersedia pada: pasca.undiksha.ac.id/ejournal/inde x.php/jurnal_pendas/article/view/7 68.(diakses tanggal 27 Februari 2017).
Sudiarpa, I Komang. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD No. 5 Songan Tahun Pelajaran 2013/2014 Tersedia pada: http:
//ejournal.undiksha.ac.id/index.php
/JJPGSD/article/view/5909.(diakse s tanggal 27 Februari 2017).
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta: Perpustakaan Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)