Dampak Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Dari PJOK SMP Negeri 12 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v9i1.36645Kata Kunci:
Covid-19., pembelajaran daring., motivasi belajar., PJOK.Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar daring mata pelajaran PJOK peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian diklasifikasian ke dalam penelitian eksperimen semu, dengan populasi adalah seluruh peserta didik kelas XIII SMP Negeri 12 Denpasar berjumlah 437 orang. Sampel adalah peserta didik kelas XIII F dengan jumlah 40 orang. Analisis data digunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data yang dilakukan mendapatkan rata-rata motivasi belajar PJOK peserta didik pada saat penerapan pembelajaran daring sebesar 63,8. Sementara itu dilihat dari distribusi nilai rata-rata motivasi belajar PJOK pada saat penerapan pembelajaran daring berada pada katagori rendah. Berdasarkan analisis statistik deskriptif yang digunakan untuk menguji hipotesis, maka hasil penelitian dapat disimpulkan, terdapat dampak pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar daring mata pelajaran PJOK. Dampak yang dihasilkan adalah lebih rendahnya motivasi belajar PJOK peserta didik karena penerapan pembelajaran daring dari dampak pandemi covid-19.Referensi
Agung, A. A. Gede. 2010. Pengantar Ilmu
Pendidikan. Singaraja: Jurusan
Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Pendidikan
Ganesha.
-------, A. A. Gede. 2011. Metodelogi
Penelitian Pendidikan. Singaraja:
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Pendidikan Ganesha.
Aqib, Zainal dan Rasidi, Mohammad
Hasan. 2010. Metodologi Penelitian
Pendidikan. Yogyakarta: Andi
Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Baharudin, dkk. 2020.Janagan Takut Pada
Corona.Jakart
B. Uno, Hamzah. 2007. Teori motivasi dan
Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara.
Candiasa, I. M. 2010. Pengujian instrumwn
Penelitian DisertaiAplikasi Iteman
dan Bigsteps. Singaraja: Unit
Penerbitan Universitas Pendidikan
Ganesha.
Darin E. Hartley. 2001. Selling E-Learning.
American Society for Training and
Development.
Depdiknas. 2004. Badan Standar Nasional
Pendidikan. Jakarta: Dapertemen
Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2006. Kurikulum KTSP. Jakarta:
BSNP.
Dimyati dan Mujijono. 2006. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Djamarah, S. B. 2002. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar.2001. Proses Belajar
Mengajar. Cetakan Pertama. Jakarta
: Pt Bumi Aksara.
I Putu Budiariawan. 2019. Hubungan
Motivasi Belajar Pada Mata
Pelajaran Kimia Dengan Hasil
Belajar Kimia Peserta didik SMA
Negeri 2 Negara. Singaraja: Skripsi
Undiksha Singaraja.
Koyan, I Wayan. 2009. Buku Ajar Statistik
Dasardan Lanjut (Teknik Analisis
Kata Kuantitatif). Singaraja:
Undiksha.
Michael Molinda. 2005. Instrucsional
Technology and Media for Learning
New Jersey Colombus. Ohio.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosda Karya
Ni Komang Sri Pustika Dewi. 2017.
Pengaruh Efikasi diri Terhadap
Motivasi dan Prestasi Belajar
Peserta didik Kelas XI IPA Pada
Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri
Sawan. Laporan Pelitian (tidak
diterbitkan): Skripsi Undiksha
Singaraja.
Kanca, I Nyoman. 2010.
MetodePenelitianPengajaranPendidi
kanJasmani dan Olahraga.
Singaraja: Undiksha.
Putu Adi Arimbawa. 2017. Strategi
Pembelajaran Guru fisika:
Relevansinya Dalam
Pengembangan Motivasi Belajar
Dan Prestasi Belajar Fisika Peserta
didik Kelas X MIA 3 Di SMA Negeri
Denpasar. Laporan Pelitian (tidak
diterbitkan): Skripsi Undiksha
Singaraja.
Rahmat, Pupu Saeful. 2018. Psikologi
Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Sadirman. 2007. Interaksi dan Motifasi
Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
-------. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar. Jakarta: PT raja Grafindo
Persada.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatifdan R&D.
Bandung: Alfabeta.
-------. 2010. Statistik Untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta.
-------. 2014. Statistik Untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar &
Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Prenadamedia Grup.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)