Dampak Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Dari PJOK SMP Negeri 12 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021

Penulis

  • I Made Nova Riadnya Undiksha
  • I Putu Panca Adi Undiksha
  • I Made Satyawan Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v9i1.36645

Kata Kunci:

Covid-19., pembelajaran daring., motivasi belajar., PJOK.

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar daring mata pelajaran PJOK peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian diklasifikasian ke dalam penelitian eksperimen semu, dengan populasi adalah seluruh peserta didik kelas XIII SMP Negeri 12 Denpasar berjumlah 437 orang. Sampel adalah peserta didik kelas XIII F dengan jumlah 40 orang. Analisis data digunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data yang dilakukan mendapatkan rata-rata motivasi belajar PJOK peserta didik pada saat penerapan pembelajaran daring sebesar 63,8. Sementara itu dilihat dari distribusi nilai rata-rata motivasi belajar PJOK pada saat penerapan pembelajaran daring berada pada katagori rendah. Berdasarkan analisis statistik deskriptif yang digunakan untuk menguji hipotesis, maka hasil penelitian dapat disimpulkan, terdapat dampak pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar daring mata pelajaran PJOK. Dampak yang dihasilkan adalah lebih rendahnya motivasi belajar PJOK peserta didik karena penerapan pembelajaran daring dari dampak pandemi covid-19.

Referensi

Agung, A. A. Gede. 2010. Pengantar Ilmu

Pendidikan. Singaraja: Jurusan

Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu

Pendidikan Universitas Pendidikan

Ganesha.

-------, A. A. Gede. 2011. Metodelogi

Penelitian Pendidikan. Singaraja:

Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Pendidikan Ganesha.

Aqib, Zainal dan Rasidi, Mohammad

Hasan. 2010. Metodologi Penelitian

Pendidikan. Yogyakarta: Andi

Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Baharudin, dkk. 2020.Janagan Takut Pada

Corona.Jakart

B. Uno, Hamzah. 2007. Teori motivasi dan

Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara.

Candiasa, I. M. 2010. Pengujian instrumwn

Penelitian DisertaiAplikasi Iteman

dan Bigsteps. Singaraja: Unit

Penerbitan Universitas Pendidikan

Ganesha.

Darin E. Hartley. 2001. Selling E-Learning.

American Society for Training and

Development.

Depdiknas. 2004. Badan Standar Nasional

Pendidikan. Jakarta: Dapertemen

Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2006. Kurikulum KTSP. Jakarta:

BSNP.

Dimyati dan Mujijono. 2006. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka

Cipta.

Djamarah, S. B. 2002. Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar.2001. Proses Belajar

Mengajar. Cetakan Pertama. Jakarta

: Pt Bumi Aksara.

I Putu Budiariawan. 2019. Hubungan

Motivasi Belajar Pada Mata

Pelajaran Kimia Dengan Hasil

Belajar Kimia Peserta didik SMA

Negeri 2 Negara. Singaraja: Skripsi

Undiksha Singaraja.

Koyan, I Wayan. 2009. Buku Ajar Statistik

Dasardan Lanjut (Teknik Analisis

Kata Kuantitatif). Singaraja:

Undiksha.

Michael Molinda. 2005. Instrucsional

Technology and Media for Learning

New Jersey Colombus. Ohio.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode

Penelitian Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosda Karya

Ni Komang Sri Pustika Dewi. 2017.

Pengaruh Efikasi diri Terhadap

Motivasi dan Prestasi Belajar

Peserta didik Kelas XI IPA Pada

Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri

Sawan. Laporan Pelitian (tidak

diterbitkan): Skripsi Undiksha

Singaraja.

Kanca, I Nyoman. 2010.

MetodePenelitianPengajaranPendidi

kanJasmani dan Olahraga.

Singaraja: Undiksha.

Putu Adi Arimbawa. 2017. Strategi

Pembelajaran Guru fisika:

Relevansinya Dalam

Pengembangan Motivasi Belajar

Dan Prestasi Belajar Fisika Peserta

didik Kelas X MIA 3 Di SMA Negeri

Denpasar. Laporan Pelitian (tidak

diterbitkan): Skripsi Undiksha

Singaraja.

Rahmat, Pupu Saeful. 2018. Psikologi

Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sadirman. 2007. Interaksi dan Motifasi

Belajar Mengajar. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

-------. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar

Mengajar. Jakarta: PT raja Grafindo

Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatifdan R&D.

Bandung: Alfabeta.

-------. 2010. Statistik Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

-------. 2014. Statistik Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar &

Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Prenadamedia Grup.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Diterbitkan

2021-03-30

Terbitan

Bagian

Articles