Survey Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar PJOK Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Swasta Masehi Berastagi Sumatera Utara

Penulis

  • Ayup Sanjaya Purba Undiksha
  • I Putu Darmayasa Undiksha
  • Ni Luh Putu Spyanawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v9i3.43945

Kata Kunci:

Survei, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui survei pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII SMP Swasta Masehi Berastagi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Swasta Masehi Berastagi Sumatera Utara Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 82 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket pembelajaran daring. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase pada tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa survei pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar PJOK berada pada kategori sangat baik 9 peserta didik (sebesar 11%), kategori baik 46 peserta didik  (sebesar 56,1%), kategori cukup 23 peserta didik (sebesar 28%), kategori kurang 4 peserta didik (sebesar 4,9%), dan kategori sangat kurang 0 peserta didik (sebesar 0%). Jadi dapat disimpulkan bahwa Survei pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar PJOK pada peserta didik kelas VIII SMP Swasta Masehi Berastagi Sumatera Utara Tahun Ajaran 2021/2022 berada pada kategori baik. Disarankan kepada guru PJOK untuk senantiasa meningkatkan hasil belajar PJOK melalui pembelajaran daring pada peserta didik kelas VIII SMP Swasta Masehi

Referensi

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.

Nurdin. (2021). Kendala pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di min 4 bungo 1. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 02, 122–130.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Yulianto, F. M. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola Melalui Permainan Sepetak pada Kelas XI SMA Negeri 1 Kedungweni Kabupaten Pekalongan Tahun 2014/2015. Universitas Negeri Semarang.

Diterbitkan

2022-01-24

Terbitan

Bagian

Articles