PENERAPAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.505Abstrak
PENERAPAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET
Putu Wisnaya
NIM. 0816011091
PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559
e-mail: putuwisnaya@yahoo.com
Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kubutambahan tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kubutambahan, berjumlah 35 orang dengan rincian 19 orang putra dan 16 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.Berdasarkan analisis data hasil penelitian aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket menglami peningkatan dari 7 (cukup aktif) pada siklus I menjadi 8,3 (aktif) pada siklus II. sedangkan presentase hasil belajar siklus I 77,1% (baik) menjadi 88,6% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kubutambahan tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket.
Kata-kata kunci: kooperatif tipe STAD, aktivitas, hasil belajar, passing bola basket
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)