PENERAPAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK LOMPAT JAUH
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.593Abstrak
PENERAPAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK LOMPAT JAUH
Nyoman Suwartana
PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah
Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja – Bali Tlp. (0362) 32559
e-mail: suartananyoman@ymail.com
Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar lompat jauh melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Banjar, berjumlah 42 orang dengan rincian 19 siswa putra dan 23 siswa putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar teknik dasar lompat jauh secara klasikal sebesar 5,52 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I aktivitas belajar meningkat sebesar 61,90% menjadi 7,50 (aktif) dan meningkat 23,81% menjadi 8,37 pada siklus II. Analisis data hasil belajar teknik dasar lompat jauh pada observasi awal secara klasikal sebesar 19,05% setelah diberi tindakan pada siklus I hasil belajar meningkat sebesar 52,38% menjadi 71,43% dan meningkat sebesar 16,67% menjadi 88,09% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar lompat jauh meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII E SMP 1 Negeri Banjar tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar lompat jauh pada siswa.
Kata-kata kunci: Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas, hasil belajar, teknik dasar lompat jauh.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)