Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik (Hindaran, Serangan, Tangkapan) Pencak Silat Pada Mahasiswa Prodi Penjaskesrek Tahun Akademik 2023/2024
Kata Kunci:
Media video pembelajaran, Pencak silat, Model ADDIEAbstrak
Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan menggunakan kuesioner analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah TP pencak silat bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial ini dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai penunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video tuorial teknik (hindaran, serangan, tangkapan) pencak silat dengan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dalam bentuk skala skor. Pengembangan video pembelajaran divalidasi oleh ahli isi/materi, ahli desain dan ahli media pembelajaran. Setelah itu dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek penelitian ini melibatkan mahasiswa kelas IKI semester III Penjaskesrek. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji ahli isi/materi pembelajaran memperoleh persentase skor 97,3% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 96% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 96% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor 92,6% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 93,2% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok besar memperoleh persentase 93,05% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada pembelajaran.
Referensi
Adisasongko, N. (2019). Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran Di
Masa Pandemi Pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKRO SMK. Prosiding
Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 3(1), 829–834.
Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran, Rajawali Pers. Jakarta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. cetakan ke-15. Jakarta: Rajawalli Pers. Jones,
Christophe. 1969. Design Methods.
Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan media video pembelajaran
dengan model addie pada materi teknik dasar tendangan pencak silat kelas vii smp
negeri 4 sukasada tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan
Olah Raga), 5(2), 12–18.
Dimyati, & Irianto. (2020). DP, & Lumintuarso, R.(2020). Exploring the psychological skills of
Indonesian Pencak Silat Athletes at the 18th Asian games. Ido Movement for Culture,
(2), 10–16.
Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes
Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73.
https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095
Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan video pembelajaran berbantuan aplikasi
sparkoll videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182.
Hendriyani, Y., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan media
pembelajaran berbasis video tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan,
(2), 85–88.
Jani, I. M. G., Wahjoedi, W. W., & Dartini, N. P. D. S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN SEPAKBOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP.
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2).
Maheswari, K., Megasari, D. S., Wilujeng, B. Y., & Puspitorini, A. (2021). Pengembangan
media pembelajaran video tutorial teknik jahit bulu mata dan pemasangan skot mata
pada kompetensi dasar rias wajah geriatri. E-Journal, 10(2), 155–164.
Mardiana, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Materi
Shooting Bolabasket (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Ponorogo).
UNS (Sebelas Maret University).
Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam
di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan
Pembelajaran, 2(2).
Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.
Saprudin, S., Haerullah, A. H., Abdullah, I. H., Saraha, A. R., & Hamid, F. (2018).
Pengembangan Media Video Tutorial Model Discovery Learning Materi Tekanan
Hidrostatis. In Prosiding Seminar Kontribusi Fisika 2017, Pp. 300-304.
Saputri, K. A. L., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Video Tutorial Teknik Dasar
Lempar Petanque. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(2), 254–261.
Triprayogo, R., Sutapa, P., Festiawan, R., Anugrah, S. M., & Iwandana, D. T. (2020).
Pengembangan media pembelajaran jurus tunggal pencak silat berbasis android.
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(2), 1–8.
Ulum, M., Asra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Video Tutorial Teknik Shooting Petanque pada Mahasiswa Prodi Penjaskesrek.
Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(1).
Kriswanto, Erwin Setyo. (2015). Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat Teknik-Teknik dalam
Pencak Silat Pengetahuan Dasar Pertandingan Pencak Silat. Yogyakarta: Pustaka Baru
Press
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Komang Bayu Arika Divayana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)