Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar Senam Ritmik Berbasis Model ADDIE Untuk Peserta Didik Kelas XII SMA N 1 Amlapura
Kata Kunci:
Pengembangan, Video Pembelajaran, Senam Ritmik, ADDIEAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Video Pembelajaran Teknik Dasar Senam Ritmik Berbasis Model ADDIE Untuk Peserta Didik Kelas XII di SMA N 1 Amlapura. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analyze, Design, Devlopment, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi produk dari ahli materi pembelajaran, ahli desain, dan praktisi PJOK, serta uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif-kualitatif, untuk mengolah data yang diperoleh melalui angket dalam bentuk deskripsi presentase. Rumus yang digunakan untuk menghitung presntase dari masing-masing subjek. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi media di tinjau dari aspek uji ahli isi/materi adalah baik dengan presentase 95%. Validasi media di tinjau dari aspek desain/media pembelajaran adalah sangat baik dengan presentase 94%. Dan uji hasil praktisi PJOK dengan persentase 94% dan 97%. Hasil uji coba produk perorangan adalah sangat baik dengan presentase 96%. Hasil uji coba produk kelompok kecil adalah sangat baik dengan presentase 97%.Hasil Uji coba produk kelompok besar adalah sangat baik dengan presentase 98%. Selama proses pengembangan aspek yang diperbaiki adalah teknik dasar senam ritmik dalam video. Dari hasil diatas maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis video teknik dasar senam ritmik pada materi senam ritmik untuk siswa kelas XII di SMA N 1 Amlapura dapat dikatakan valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran atau penelitian lebih lanjut. Selanjutnya pada tahap evaluasi dapat dinyatakan bahwa produk media pembelajaran berupa video ini dapat digunakan dalam memfasilitasi peserta didik kelas XII SMA untuk mempelajari materi Senam Ritmik. Saran dari peniliti untuk para tenaga pengajar PJOK di SMA N 1 Amlapura untuk menggunakan media pembelajaran berbasis video karena peserta didik lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya dalam materi senam ritmik dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dibandingkan dengan hanya menggunakan buku lks.
Referensi
Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Kemendikbud. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–23.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Sahabuddin, S., Hakim, H., & Syahruddin, S. (2020). Kontribusi motor educability terhadap kemampuan senam ritmik alat simpai pada siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2), 449–465. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i2.14564
Sari, R. M., Valentin, R. G., & Samosir, A. (2017). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Melalui Latihan Relaksasi Atlet Senam Ritmik Sumut. Sains Olahraga : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan, 1(1), 52–63. https://doi.org/10.24114/so.v1i1.6132
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)