Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar Senam Ritmik Berbasis Model ADDIE Untuk Peserta Didik Kelas XII SMA N 1 Amlapura

Penulis

  • I Made Agus Ariananta Darma Wijaya Undiksha
  • I Putu Darmayasa Undiksha
  • Made Agus Wijaya Undiksha

Kata Kunci:

Pengembangan, Video Pembelajaran, Senam Ritmik, ADDIE

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Video Pembelajaran Teknik Dasar Senam Ritmik Berbasis Model ADDIE Untuk Peserta Didik Kelas XII di SMA N 1 Amlapura. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analyze, Design, Devlopment, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi produk dari ahli materi pembelajaran, ahli desain, dan praktisi PJOK, serta uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif-kualitatif, untuk mengolah data yang diperoleh melalui angket dalam bentuk deskripsi presentase. Rumus yang digunakan untuk menghitung presntase dari masing-masing subjek. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi media di tinjau dari aspek uji ahli isi/materi adalah baik dengan presentase 95%. Validasi media di tinjau dari aspek desain/media pembelajaran adalah sangat baik dengan presentase 94%. Dan uji hasil praktisi PJOK dengan persentase 94% dan 97%. Hasil uji coba produk perorangan adalah sangat baik dengan presentase 96%. Hasil uji coba produk kelompok kecil adalah sangat baik dengan presentase 97%.Hasil Uji coba produk kelompok besar adalah sangat baik dengan presentase 98%. Selama proses pengembangan aspek yang diperbaiki adalah teknik dasar senam ritmik dalam video. Dari hasil diatas maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis video teknik dasar senam ritmik pada materi senam ritmik untuk siswa kelas XII di SMA N 1 Amlapura dapat dikatakan valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran atau penelitian lebih lanjut. Selanjutnya pada tahap evaluasi dapat dinyatakan bahwa produk media pembelajaran berupa video ini dapat digunakan dalam memfasilitasi peserta didik kelas XII SMA untuk mempelajari materi Senam Ritmik. Saran dari peniliti untuk para tenaga pengajar PJOK di SMA N 1 Amlapura untuk menggunakan media pembelajaran berbasis video karena peserta didik lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya dalam materi senam ritmik dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dibandingkan dengan hanya menggunakan buku lks.

Referensi

Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Kemendikbud. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–23.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Sahabuddin, S., Hakim, H., & Syahruddin, S. (2020). Kontribusi motor educability terhadap kemampuan senam ritmik alat simpai pada siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2), 449–465. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i2.14564

Sari, R. M., Valentin, R. G., & Samosir, A. (2017). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Melalui Latihan Relaksasi Atlet Senam Ritmik Sumut. Sains Olahraga : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan, 1(1), 52–63. https://doi.org/10.24114/so.v1i1.6132

Diterbitkan

2025-01-27

Terbitan

Bagian

Articles