PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MELALUI MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Ni Komang Sri Malini
  • Ni Ketut Suarni

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1078

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pada  kegiatan berbicara anak Taman kanak-kanak pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Titi Dharma Denpasar Kecamatan  Denpasar Utara dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture dengan  bantuan  media gambar. Penelitian  tindakan  kelas ini  dilaksanakan  dalam  dua  siklus dengan sampel 20 orang anak  yang berusia 4-5 tahun kelompok A semester II Tahun pelajaran 2012 / 2013. Hasil penelitian ini dikumpulkan dengan mengunakan metode observasi. Penelitian ini dianalisis mengunakan  metode  analisis  statistik  deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara dengan  penerapan model pembelajaran picture and picture dengan menggunakan media gambar pada siklus I sebesar 61,6 yang  berada pada  katagori sangat rendah dan mengalami  peningkatan  pada siklus  II  menjadi 95,2  yang tergolong pada katagori sangat aktif atau tinggi.

Kata-kata kunci: model  pembelajaran picture  and  picture , media  gambar, keterampilan  berbicara

ABSTRACT

This study is done to identify whether there an improvement on speaking competency of kindergarten students in group A in Taman Kanak – Kanak Titi Dharma Denpasar - Denpasar Utara District by applying learning model Picture and Picture with pictures media. This is an action based research was done in two cycles by using 20 children in group A semester II in academic year 2012/2013. They are about 4 – 5 years old. The result of this research was gained by using observation method, which thenanalyzed by using descriptive statistical analysis. The research’ result shows that there is an improvement of students speaking competency through the application of Picture and Picture with pictures media. The result in cycle 1 is 61,1 which is categorized as very low, and there is improvement in cycle II become 95,2 which is categorized as very active or high.


Key words: learning models picture and picture, image media, speaking skills

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Malini, N. K. S., & Suarni, N. K. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MELALUI MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1078

Issue

Section

Articles