PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN PERMAINAN KARTU GAMBAR DI TK PRADNYA PARAMITA

Authors

  • Putu Astri Diah Utari
  • Ni Ketut Suarni
  • Didith Pramunditya Ambara

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1137

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui metode pemberian tugas dengan permainan kartu gambar pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di TK Pradnya Paramita Penarungan Kec. Buleleng sebanyak dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap rencana tindakan kelas, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 15 orang Anak TK pada Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Data dikumpulkan dengan metode pemberian tugas dengan instrumen berupa lembar format observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kognitif dengan penerapan metode pemberian tugas dengan permainan kartu gambar  pada siklus I sebesar 58,5,%  yang berada pada kategori rendah. Setelah dilakukan perubahan media pembelajaran menjadi lebih menarik ternyata mengalami peningkatan sebesar 30 % yang terjadi pada siklus II yaitu 88,5% yang tergolong pada kategori tinggi.

 

Kata kunci: metode pemberian tugas, permainan kartu gambar,perkembangan kognitif.

 

Abstract

This reseach aims is to know the enhancement cognitive ability from method for giving task with the game card pictures for children aged 4 to 5 years. The kinds of this observation is observation of class action (PTK) that is doing  in Paud Pradnya Paramita Penarukan Buleleng distrinct as two cycles, each cycle consisting of phases class action plans, implementation, evalustion of observation and reflection. The subject of observations are 15 childrens  of Paud group B second semester 2012 to 2013. Data enhancement by the method of assignment to the instrument in the from of sheet observation format. Of the results of the study were analyzed by using methods of statistical analysis, descriptive and quantitative statistical analysis methods. Data analysis showed that an increase in the application of the method of administration of cognitive tasks game card pictures on cycle one of 58,5 percent which is in the low category. After the change of media of learning become more 30 percent interesting and increase in cycle two to 88,5 percent is belonging to the high category.

 

Key word: tast learning method, picture card games, cognitive development.

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Utari, P. A. D., Suarni, N. K., & Ambara, D. P. (2013). PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN PERMAINAN KARTU GAMBAR DI TK PRADNYA PARAMITA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1137

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>