PENGARUH METODE PROYEK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK GUGUS III KECAMATAN TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Ni Wayan Mulandini .
  • Luh Ayu Tirtayani, S.Psi.,M.Psi. .
  • Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18743

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Gugus III Kecamatan Tampaksiring. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasi eksperimen) dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK Gugus III Kecamatan Tampaksiring, yang kemudian dilakukan pengundian untuk mendapatkan 2 sekolah sebagai sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan rata-rata posttest kemampuan motorik halus pada kelompok ekperimen sebesar 82.12 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 68.82. Hasil analisis lebih lanjut diperoleh thitung sebesar 7.82 dengan taraf signifikan 5% dan dk=56 dengan nilai 2,003. Berdasarkan analisis data tersebut, ditunjukkan dengan thitung > ttabel kemampuan motorik halus.Kesimpulan pada penelitian ini metode proyek berbasis pendekatan saitifik berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Gugus III Kecamatan Tampaksiring.
Kata Kunci : metode proyek, pendekatan saintifik, motorik halus.

This study aims to determine the effect of the project method based on a scientific approach to the fine motor skills of group children B TK Gugus III Kecamatan Tampaksiring. This type of research is quasi experimental with the design of nonequivalent control group design. The population of this study were all group children B TK Gugus III Kecamatan Tampaksiring, then the draw was made to get 2 schools as samples. The results of this study showed that the average posttest of to the fine motor skills in the experimental group was 82.12 while in the control group it was 68.82. The results of further analysis obtained tcount of 7.82 with a significance level of 5% and dk =56 with a value of 2,003. Based on the analysis of the data, it is indicated by tcount > ttable of fine motor skills. The conclusion in this study is that the project method based on a competitive approach influences fine motor skills in group children B TK Gugus III Kecamatan Tampaksiring.
keyword : project method, scientific approach, fine motor

Downloads

Published

2019-07-21

How to Cite

., N. W. M., ., L. A. T. S., & ., D. I. B. S. M. M. (2019). PENGARUH METODE PROYEK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK GUGUS III KECAMATAN TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 36–46. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18743

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>