PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MORAL ANAK KELOMPOK B TK HANDAYANI I DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019

Trisna Ayu Larashati Ni Nyoman ., Drs. I Nengah Suadnyana, M.Pd. ., Drs. Made Putra, M.Pd. .

Abstract


PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MORAL ANAK KELOMPOK B TK HANDAYANI I DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019

Oleh
Ni Nyoman Trisna Ayu Larashati, 1511061032
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode bercerita melalui media audio visual terhadap perkembangan moral anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan nonequevalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Handayani I Denpasar Barat yang berjumlah 55 anak, Sampel penelitian yaitu 25 anak kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen dan 30 anak kelompok B2 sebagai kelompok kontrol. Data perkembangan moral anak dikumpulkan dengan instrument non test melalui observasi, ceklis. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,881. Pada taraf signifikan 5% dengan (dk 53) diperoleh ttabel = 2,003. Hal ini berarti bahwa thitung>ttabel, sehingga dapat diinterprestasikan bahwa terdapat perbedaan perkembangan moral yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dilihat dari nilai rata-rata perkembangan moral kelompok eksperimen adalah 89,96 lebih besar dari rata-rata perkembangan moral kelompok kontrol yang hasil rata-ratanya sebesar 85,06. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa pembelajaran menggunakan metode bercerita melalui media audi visual berpengaruh terhadap perkembangan moral siswa pada anak kelompok B di TK Handayani I Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan simpulan tersebut, maka saran disarankan kepada peneliti lain mengenai pengaruh metode bercerita melalui media audio visual dalam meningkatkan perkembangan moral, lebih atau dikembangkan dengan penggunaan strategi pembelajaran jenis lain atau yang lebis luas, sehingga bisa digeneralisasikan pada wilayah yang lebih luas.

Kata kunci : Metode bercerita, Audio Visual, Perkembangan Moral


Kata Kunci : Metode bercerita, audio visual, kemampuan moral anak

PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MORAL ANAK KELOMPOK B TK HANDAYANI I DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019

Oleh
Ni Nyoman Trisna Ayu Larashati, 1511061032
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode bercerita melalui media audio visual terhadap perkembangan moral anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan nonequevalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Handayani I Denpasar Barat yang berjumlah 55 anak, Sampel penelitian yaitu 25 anak kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen dan 30 anak kelompok B2 sebagai kelompok kontrol. Data perkembangan moral anak dikumpulkan dengan instrument non test melalui observasi, ceklis. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,881. Pada taraf signifikan 5% dengan (dk 53) diperoleh ttabel = 2,003. Hal ini berarti bahwa thitung>ttabel, sehingga dapat diinterprestasikan bahwa terdapat perbedaan perkembangan moral yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dilihat dari nilai rata-rata perkembangan moral kelompok eksperimen adalah 89,96 lebih besar dari rata-rata perkembangan moral kelompok kontrol yang hasil rata-ratanya sebesar 85,06. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa pembelajaran menggunakan metode bercerita melalui media audi visual berpengaruh terhadap perkembangan moral siswa pada anak kelompok B di TK Handayani I Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan simpulan tersebut, maka saran disarankan kepada peneliti lain mengenai pengaruh metode bercerita melalui media audio visual dalam meningkatkan perkembangan moral, lebih atau dikembangkan dengan penggunaan strategi pembelajaran jenis lain atau yang lebis luas, sehingga bisa digeneralisasikan pada wilayah yang lebih luas.

Kata kunci : Metode bercerita, Audio Visual, Perkembangan Moral


keyword : metode bercerita, audio visual, kemampuan moral

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v7i1.18767

Article Metrics

Abstract view : 554 times
PDF file view : 380 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.