PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MORAL ANAK KELOMPOK B TK HANDAYANI I DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18767Abstract
PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MORAL ANAK KELOMPOK B TK HANDAYANI I DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019 Oleh Ni Nyoman Trisna Ayu Larashati, 1511061032 Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode bercerita melalui media audio visual terhadap perkembangan moral anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan nonequevalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Handayani I Denpasar Barat yang berjumlah 55 anak, Sampel penelitian yaitu 25 anak kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen dan 30 anak kelompok B2 sebagai kelompok kontrol. Data perkembangan moral anak dikumpulkan dengan instrument non test melalui observasi, ceklis. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,881. Pada taraf signifikan 5% dengan (dk 53) diperoleh ttabel = 2,003. Hal ini berarti bahwa thitung>ttabel, sehingga dapat diinterprestasikan bahwa terdapat perbedaan perkembangan moral yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dilihat dari nilai rata-rata perkembangan moral kelompok eksperimen adalah 89,96 lebih besar dari rata-rata perkembangan moral kelompok kontrol yang hasil rata-ratanya sebesar 85,06. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa pembelajaran menggunakan metode bercerita melalui media audi visual berpengaruh terhadap perkembangan moral siswa pada anak kelompok B di TK Handayani I Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan simpulan tersebut, maka saran disarankan kepada peneliti lain mengenai pengaruh metode bercerita melalui media audio visual dalam meningkatkan perkembangan moral, lebih atau dikembangkan dengan penggunaan strategi pembelajaran jenis lain atau yang lebis luas, sehingga bisa digeneralisasikan pada wilayah yang lebih luas. Kata kunci : Metode bercerita, Audio Visual, Perkembangan MoralKata Kunci : Metode bercerita, audio visual, kemampuan moral anak
PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MORAL ANAK KELOMPOK B TK HANDAYANI I DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019 Oleh Ni Nyoman Trisna Ayu Larashati, 1511061032 Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode bercerita melalui media audio visual terhadap perkembangan moral anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan nonequevalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Handayani I Denpasar Barat yang berjumlah 55 anak, Sampel penelitian yaitu 25 anak kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen dan 30 anak kelompok B2 sebagai kelompok kontrol. Data perkembangan moral anak dikumpulkan dengan instrument non test melalui observasi, ceklis. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,881. Pada taraf signifikan 5% dengan (dk 53) diperoleh ttabel = 2,003. Hal ini berarti bahwa thitung>ttabel, sehingga dapat diinterprestasikan bahwa terdapat perbedaan perkembangan moral yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dilihat dari nilai rata-rata perkembangan moral kelompok eksperimen adalah 89,96 lebih besar dari rata-rata perkembangan moral kelompok kontrol yang hasil rata-ratanya sebesar 85,06. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa pembelajaran menggunakan metode bercerita melalui media audi visual berpengaruh terhadap perkembangan moral siswa pada anak kelompok B di TK Handayani I Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan simpulan tersebut, maka saran disarankan kepada peneliti lain mengenai pengaruh metode bercerita melalui media audio visual dalam meningkatkan perkembangan moral, lebih atau dikembangkan dengan penggunaan strategi pembelajaran jenis lain atau yang lebis luas, sehingga bisa digeneralisasikan pada wilayah yang lebih luas. Kata kunci : Metode bercerita, Audio Visual, Perkembangan Moral
keyword : metode bercerita, audio visual, kemampuan moral
Downloads
Published
2019-07-22
How to Cite
., T. A. L. N. N., ., D. I. N. S. M., & ., D. M. P. M. (2019). PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MORAL ANAK KELOMPOK B TK HANDAYANI I DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 120–130. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18767
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)