Intensitas Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di Kabupaten Badung
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.25179Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan intensitas penggunaan gadget oleh anak usia dini. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode korelasi dan ex-post facto. Penentuan sampel pada penelitian menggunakan multistage random sampling yang merupakan perpaduan antara dua teknik sampling yaitu teknik clusters sampling dan purposional random sampling. Berdasarkan hasil di peroleh sebanyak 216 orang tua anak yang tersebar pada 10 TK yang berada di wilayah Kabupaten Badung. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terlebih dahulu diuji pernyataan yang akan digunakan. Untuk menguji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil perhitungan pada penelitian menunjukan dimana rhitung sebesar 0,151 dan rtabel dengan N=216 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,138 jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,151>0,138). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh demokratis dengan intensitas penggunaan gadget oleh anak usia dini yang berada di wilayah Kabupaten Badung.
Kata-kata Kunci: pola asuh demokratis, intensitas penggunaan gadget, teknologi, anak usia dini
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)