Pengembangan Aalat Permainan Edukatif Pop Up Book untuk Mengenalkan Budaya Osing di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.26428Abstract
Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan sebuah produk alat permainan edukatif berupa Pop Up Book bertema budaya lokal Osingyang teruji kelayakannya secara teoritik oleh ahli serta kepraktisan dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 fase yaitu: (1) preliminary research (penelitian awal), (2) prototyping phase (tahap pengembangan), dan (3) assessment phase (tahap penilaian). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian dikelompokkan sesuai dengan tiga aspek yang akan dinilai yaitu data kevalidan, data kepraktisan, dan data keefektifan produk. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan terhadap 40 orang anak usia 5-6 tahun di TK Kabupaten Banyuwangi, maka ditunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai alat permainan edukatif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan produk Pop Up Book sudah teruji validitas, kepraktisan dan efektivitasnya. Adapun saran yang diperoleh adalah dapat mengembangkan Pop Up Book dengan tema yang lebih beragam.
Kata-kata kunci: Pop Up Book, Alat Permainan Edukatif, Budaya Osing
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)