PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN PICTURED CARDS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B1 SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DI TK PRADNYA PARAMITA PENARUNGAN KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3128Abstract
Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini mengenai rendahnya perkembangan kognitif. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan dengan kelompok B1 di TK Pradnya Paramita pada hari Senin 3 Maret 2014, diperoleh beberapa informasi yaitu, 1) jumlah siswa di kelompok B1 sebanyak 20 orang anak, 2) Yang tergolong perkembangan kognitif anak sudah mampu (****) sebanyak 5 orang anak, sedangkan yang tergolong kurang mampu (*) sebanyak 15 orang anak. Berdasarkan pencatatan dokumen diperoleh beberapa informasi yaitu, 1) jumlah siswa kelompok B1 tahun pelajaran 2012/2013 yang masih tergolong perkembangan kognitif anak dibawah KKM adalah 19 atau 50%, 2) jumlah siswa kelompok B1 tahun pelajaran 2011/2012 yang masih tergolong perkembangan kognitif anak dibawah KKM adalah 21 atau 58,3%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peningkatan kemampuan kognitif anak TK pada kelompok B1 di TK Pradnya Paramita dengan menerapkan metode pemberian tugas berbantuan pictured cards. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 20 orang anak TK pada Kelompok B1 Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Data penelitian tentang kemampuan kognitif dikumpulkan dengan metode observasi dengan isntrumen berupa lembar format observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif dengan penerapan metode pemberian tugas berbantuan pictured cards pada siklus I sebesar 58,75% yang berada pada kategori rendah ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,50% tergolong pada kategori tinggi. Jadi terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengelompokkan pictured cards.Kata Kunci : Metode pemberian tugas, Pictured cards, Kognitif
This study was aimed to finding out : the increase of cognitive ability kindergarten children in B1 group at Pradnya Paramita kindergarten with giving task method helped by pictured cards. This research is an action research conducted in two cycles. The subjects were 20 kindergarten with children in B1 group at 2013 / 2014 academic year. The data of it is about cognitive ability collected by the method of observation with instrument such as observation sheet. The data were analyzed with descriptive analysis method and quantitative descriptive analysis method. The result of the data analysis were showed that the increase of cognitive ability with giving task method helped by pictured cars on the first cycle was 58,75% which are in low category were increased at the second cycle to 82,50% belong to high category, so there was an increase of cognitive child’s ability in grouped of pictured cards.
keyword : Giving task method, Pictured cards, Cognitive
Published
2014-06-27
How to Cite
., L. P. R. D., ., P. D. A. A. G. A., & ., I. G. W. S. S. S. M. (2014). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN PICTURED CARDS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B1 SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DI TK PRADNYA PARAMITA PENARUNGAN KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3128
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)