Model Daycare Berbasis Attachment di Perkantoran

Authors

  • Roza Lina UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Nenny Mahyuddin UNIVERSITAS NEGERI PADANG

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.31551

Keywords:

daycare, perkantoran, attachment

Abstract

Berbagai kondisi orangtua yang mempunyai anak usia dini terutama yang berumur 0-2 tahun yang bekerja di kantor dalam mengasuh, merawat begitu juga dengan pemberian ASI berdampak terhadap attachment (kelekatan). Tujuan dari pengembangan ini menghasilkan buku panduan daycare perkantoran berbasis attachment yang valid, praktis, dan efektif. Adapun partisipan adalah pegawai yang mempunyai anak usia dini (0 - 6 tahun) sebanyak 16 orang dan pejabat di lingkungan perkantoran sebanyak 4 orang. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran dengan metode pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, menyebarkan instrumen dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket untuk uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dan rumus persen. Berdasarkan hasil uji validitas buku panduan model daycare di perkantoran berbasis attachment oleh para ahli diperoleh rata-rata 87% berada pada kategori sangat valid, hasil uji praktikalitas respon pejabat dan pegawai yang mempunyai anak usia dini diperoleh rata-rata persentase 88 % pada kategori sangat praktis, dan hasil uji efektifitas respon pejabat (4 orang) dan pegawai yang mempunyai anak usia dini (16 orang) adalah 88 % serta 91 % di tempat penyebaran pada kategori sangat efektif. Dari penilaian hasil buku panduan diketahui dapat meningkatkan attachment orangtua dan anak. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa buku panduan model daycare di perkantoran berbasis attachment valid, praktis dan efektif serta dapat meningkatkan attachment antara orangtua dan anak.

Author Biography

Roza Lina, UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Contact : +6281372830041

Address : Dinas Pendidikan Prov. Sumatera Barat, Jl. Jend. Sudirman No. 52, Padang

References

Akmalia, I., & Rahayuningsih, S. I. (2018). Attachment (kelekatan) Ibu dan Anak dengan Perkembangan Sosial Emosional Bayi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas …, III(3), 365–370. http://www.jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/view/8546.

AZIZ, A. (2017). Implementasi Inovasi Pada Model-Model Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Pengasuhan Anak (TPA) Serama Kementerian Kesehatan RI. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 201–214. https://doi.org/10.21009/jpud.112.01.

Dewi, P. S. (2017). Ibu yang Bekerja dan Ibu yang Tidak Bekerja dalam Pemberian ASI Eksklusif di Desa Karangpakis, Kec. Kabuh, Kab. Jombang. Midwifery Journal Of STIKES Insan Cendekia Medika Jombang, 14(1), 15–20.

Ervika, E. (2005). Kelekatan ( Attachment ) Pada Anak. 1–17.

Hewi, L., Saleh, M., & Wahyuni, R. (2019). Kelekatan (attachment) anak usia dini di Suku Laut Kabupaten Wakatobi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406–415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.346.

Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483.

Karkos, P. C. dan K. A. (2008). Administration of Programs for Young Children. Delmar Learning.

Kristiani, R., Handayani, P., Wolting, R., Ardani, A., & Nicholas, D. (2021). Pengembangan Kapasitas Pengasuh dan Orang Tua Daycare Rumah Bahagia Surabaya. Warta LPM, 24(2), 258–269. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.12343.

Mahyuddin, N., Syukur, Y., & Hidayati, A. (2016). Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini ( Usia 4-6 Tahun ) Di Kota Padang. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 45–60. https://doi.org/10.21009/jpud.101.03.

Malinton, S. (2013). Studi Tentang Pelayanan Anak di Taman Penitipan Anak Puspa Wijaya I Tenggarong. EJournal Sosiatri-Sosiologi, 1(2), 36–50.

Megawangi, R. (2014). Kelekatan Ibu-Anak “Kunci Membangun Bangsa.” Depok: Indonesia Heritage Foundation (IHF).

Nuraini, I. (2018). Peran Tempat Penitipan Anak ( Daycare ) Tentang Asi Eksklusif Dan Komitmen Ibu Bekerja Untuk Menyusui Dengan Keberhasilan Menyusui Sampai Usia 6 Bulan. J-HESTECH (Journal Of Health Educational Science And Technology), 1(1), 1. https://doi.org/10.25139/htc.v1i1.990.

Rakimahwati, Y. (2012). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Di Tk Dharmawanita Improving the Moral Development of Early Age Children. Ilmiah Visi P2TK PAUD NI, 7(1), 18–41. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:STZdc_RLneMJ:journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/download/2675.

Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Rizkita, D. (2017). Pengaruh Standar Kualitas Taman Penitian Anak ( TPA ) Terhadap Motivasi dan Kepuasaan Orangtua ( Pengguna ) untuk Memilih Pelayanan TPA yang Tepat. EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.46.

Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156–171. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311/4306.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). UNP Press Padang.

Trianto, M. P. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Widiastuti, A. A. (2018). Implementasi Standar Sarana Dan Prasarana Paud Di Lembaga Taman Penitipan Anak (Tpa). PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 139–147. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/3462/2317.

Wijaya, P. S., & Susanti, E. M. (2018). Kajian Implementasi Kebijakan Ruang Laktasi di PT Royal Korindah Kabupaten Purbalingga Tahun 2017. Indonesia Jurnal Kebidanan, 2(1), 1. https://doi.org/10.26751/ijb.v2i1.426.

Wijirahayu, A., Pranaji, D. K., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan Ibu-Anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(3), 171–182. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.171.

Downloads

Published

2021-07-06

How to Cite

Lina, R., & Mahyuddin, N. (2021). Model Daycare Berbasis Attachment di Perkantoran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.31551

Issue

Section

Articles