Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak

Authors

  • Ni Komang Utariani .
  • I Komang Sudarma,S.Pd, M.Pd. .
  • Mutiara Magta, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3264

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini mengenai rendahnya kemampuan berbahasa anak khususnya dalam kemampuan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa dengan penerapan metode bercerita berbantuan media boneka jari pada anak kelompok A di TK Widia Kumara Padangbulia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 15 orang anak TK Widia Kumara Padangbulia pada kelompok A semester II tahun pelajaran 2013/2014. Data penelitian tentang kemampuan berbahasa diperoleh dengan menggunakan metode observasi dengan instrument berupa lembar format observasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan rata-rata skor kemampuan berbahasa pada anak kelompok A setelah diterapkan metode bercerita berbantuan media boneka jari siklus I sebesar 58,47% yang berada pada kategori rendah. Kemudian pada siklus II menjadi 84,00% yang berada pada kategori tinggi. Jadi terjadi peningkatan kemampuan berbahasa setelah diterapkan metode bercerita berbantuan media boneka jari sebesar 25,33%.
Kata Kunci : kemampuan berbahasa, boneka jari, bercerita.

The problem of this research was the low of students’ language ability, especially in speech. This study aimed to determine the improvement of the ability to speak with the media assisted application of storytelling finger puppets on a group of children in kindergarten Widia Padangbulia Kumara . This research is an action research conducted in two cycles. The subjects were 15 kindergarten children Widia Kumara Padangbulia in group A the second semester of academic year 2013/2014. Research data on language proficiency obtained by using the method of observation with a sheet format of the observation instrument. The data collected were analyzed using descriptive statistics and quantitative descriptive analysis. The results of the data analysis showed that the increase in the average scores on the language skills of children in group A after applied storytelling finger puppets media aided the first cycle of 58.47 % which is at the low category. Then on the second cycle be 84.00 % which is at the high category. Hence, was improving toward language ability after the implementation storytelling finger puppets asissted media type into 25.33 %.
keyword : language ability, finger puppet, storytelling.

Published

2014-07-09

How to Cite

., N. K. U., ., I. K. S. M., & ., M. M. S. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3264

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>