PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS

Authors

  • Ni Putu Eka Tirtayati .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .
  • Mutiara Magta, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui menggambar bebas dengan metode pemberian tugas pada kelompok B semester II tahun pelajaran 2013/2014 di TK Panji Widia Kumara Singaraja.Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah anak kelompok B TK Panji Widia Kumara Singaraja yang berjumlah 19 anak yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Data tentang mengembangkan kreativitas anak diperoleh dengan menggunakan observasi yang dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas pada kelompok B dengan metode pemberian tugas, pada siklus I sebesar 74,00% yang berada pada kategori sedang ternyata mengalami peningkatan kemampuan kreativitas pada siklus II menjadi 86,81% tergolong pada kategori tinggi, jadi peningkatan kemampuan kreativitas pada kelompok B di TK Panji Widia Kumara Singaraja sebesar 12,81%. Hal ini karena metode pemberian tugas dapat meningkatkan kreativitas anak, melalui kegiatan menggambar bebas dan menggambar bebas dapat menarik minat anak sehingga menggambar bebas dapat menyenangkan anak.
Kata Kunci : metode pemberian tugas, kreativitas, menggambar bebas.

This study arimed at finding out the improvement of students creativity free drawing by using method for group B in second semester 2013/2014 at Panji Widia Kumara Singaraja kindergarten. This research was an action research which had two cycles. The subject of this research was nineteen students of group B consisted of nine females and 10 males. The data gained through observation that analyzed by descriptive quantitative analysis method. The result of study showed that the improvement of students creativity free drawing in group B by using method, cycle I is 74,00% in middle category. Cycle II is 86,81% in high category. The improvement of student creativity in group B at Panji Widia Kumara Singaraja is 12,81%. method improved students creativity Free drawing and got students interent.
keyword : giving task method, creativity, free drawing

Published

2014-07-18

How to Cite

., N. P. E. T., ., P. D. N. K. S., & ., M. M. S. (2014). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3520

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>