PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3520Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui menggambar bebas dengan metode pemberian tugas pada kelompok B semester II tahun pelajaran 2013/2014 di TK Panji Widia Kumara Singaraja.Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah anak kelompok B TK Panji Widia Kumara Singaraja yang berjumlah 19 anak yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Data tentang mengembangkan kreativitas anak diperoleh dengan menggunakan observasi yang dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas pada kelompok B dengan metode pemberian tugas, pada siklus I sebesar 74,00% yang berada pada kategori sedang ternyata mengalami peningkatan kemampuan kreativitas pada siklus II menjadi 86,81% tergolong pada kategori tinggi, jadi peningkatan kemampuan kreativitas pada kelompok B di TK Panji Widia Kumara Singaraja sebesar 12,81%. Hal ini karena metode pemberian tugas dapat meningkatkan kreativitas anak, melalui kegiatan menggambar bebas dan menggambar bebas dapat menarik minat anak sehingga menggambar bebas dapat menyenangkan anak.Kata Kunci : metode pemberian tugas, kreativitas, menggambar bebas.
This study arimed at finding out the improvement of students creativity free drawing by using method for group B in second semester 2013/2014 at Panji Widia Kumara Singaraja kindergarten. This research was an action research which had two cycles. The subject of this research was nineteen students of group B consisted of nine females and 10 males. The data gained through observation that analyzed by descriptive quantitative analysis method. The result of study showed that the improvement of students creativity free drawing in group B by using method, cycle I is 74,00% in middle category. Cycle II is 86,81% in high category. The improvement of student creativity in group B at Panji Widia Kumara Singaraja is 12,81%. method improved students creativity Free drawing and got students interent.
keyword : giving task method, creativity, free drawing
Published
2014-07-18
How to Cite
., N. P. E. T., ., P. D. N. K. S., & ., M. M. S. (2014). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3520
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)