Pengembangan Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan 1 Sampai Dengan 10 Berbasis Teori Bruner Untuk Anak Usia Dini

Ni Kadek Indah Udiani, M.G Rini Kristiantari

Abstract


Rendahnya mutu pendidikan tercermin pada rendahnya hasil belajar anak yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pengembangan video pembelajaran pengenalan lambang bilangan 1 sampai dengan 10 berbasis Teori Bruner terhadap hasil belajar anak usia dini. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Hannafin dan Peck. Prosedur pengembangan mengacu pada model yang dipilih. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner/angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner/angket. Hasil evaluasi ahli isi sebesar 95,8 % tergolong kualifikasi sangat baik. Ahli desain sebesar 83 % tergolong kualifikasi sangat baik. Ahli media sebesar 87,5 % tergolong kualifikasi sangat baik. Hasil uji perorangan sebesar 91,3 % dengan kualifikasi sangat baik sehingga media dikatakan valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Dalam video pembelajaran ini juga memiliki tampilan pengenalan lambang bilangan yang menarik sehingga sangat mudah untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Video pembelajaran ini membuat peserta didik senang dan termotivasi dalam menyimak pembelajaran yang diberikan



DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v9i1.34445

Article Metrics

Abstract view : 605 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.