Implementasi Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Berdampak Positif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Dan Kemampuan Literasi Dini

Authors

  • Ni Nyoman Chintya Ari Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.34520

Keywords:

sosial emosional, literasi dini

Abstract

Penggunaan media lebih menonjol ketimbang penggunaan model pembelajaran. Dalam penggunaan anak belum terlihat berperan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap perkembangan sosial emosional dan kemampuan literasi dini. Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimental, dengan rancangan single factor independent group design Populasi dalam penelitian berjumlah 93 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel pada kelas eksperimen berjumlah 47 siswa, sedangkan kelas kontrol berjumlah 46 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dengan penilaian rubrik. Hasil penelitian berdasarkan analisis MANOVA menunjukkan bahwa terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap perkembangan sosial emosional dan kemampuan literasi dini pada anak kelompok B taman kanak-kanak dengan hasil perhitungan F = 73,689 dengan signifikansi < 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap perkembangan sosial emosional dan kemampuan literasi dini pada anak usia dini.

References

Abidin, Y. dkk. 2017. Pembelajaran Literasi. Bandung: Bumi Aksara.

Bali, E. N. dkk .2016. “Pengembangan Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar untuk Pengenalan Kemampuan Literasi Dini AUD”. Jurnal program studi pendidikan dasar, program pascasarjana Universitas Negeri Semarang. (Diakses pada tanggal 25 Februari 2017).

Desmareza, R. 2012. Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Montase di RA Darul Ulum PGAI Padang. Jurnal Pesona PAUD.Vol 1. No 1.

Istiqomah, dkk. 2016. Peningkatan Perkembangan Sosial dan Emosional Melalui Kegiatan Outbond Pada Anak Kelompok B di TK Asy-Syafa’ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi UNEJ, III (2): 19-21.

Joyce, B, dkk. 2011. Models of Teaching (Model-model Pengajaran Edisi Kedelapan). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lestari, N. G. A. M. Y. 2013. “Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Melalui Penggunaan Media Wayang Abjad Kontekstual”. Jurnal pendidikan usia dini volume 7 edisi 2 November 2013 PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta.

Lonigan, C. J. 2006. “Development, assessment, and promotion of pre literacy skills”. Journal of Early Education and Development, 17 (1), 91-114.

Marhaeni, A. A. I. N. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Nuraeni, A. 2016. “Peran Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B di Gugus 7 Mangunan dlongo Bantul”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 3 Tahun ke-5 2016. Universitas Negeri Yogyakarta.

Radliya, dkk. 2017. Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.1 No.1.

Sepyanda, M. dkk. 2013. The Effect of Picture Word Inductive Model (PWIM) and Students’ Self-Efficiacy Toward Their Writing Skill of Descriptive Text at Grade X of SMA Negeri IX Koto Sungai Lasi. Jurnal English Language Teaching, Vol 1 No.1.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, S. 2015. Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Wahyuni, dkk. 2015. Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Pemberian Tugas Kelompok pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4. No.10.

Wilson, S. N. dan Lonigan, C. J. 2009. An Evaluation Of Two Emergent Literacy Screening Tools For Preschool Children. Annual of Dyslexia, 59 (2), 115-131.

Downloads

Published

2021-06-13

How to Cite

Ari Putri, N. N. C., & Yudiana, K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Berdampak Positif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Dan Kemampuan Literasi Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 150–160. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.34520

Issue

Section

Articles