Dampak Permainan Super Smart Kids Terhadap Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.36855Keywords:
Anak usia dini, kecerdasan logika-matematika, permainan super smart kidsAbstract
Kecerdasan logika-matematika sangat penting bagi kehidupan anak. Namun masih ditemukan bahwa 10 dari 18 anak usia dini yang memiliki kecerdasan logika-matematika yang rendah, belum mampu berhitung tanpa bantuan guru, dan mengetahui angka karena hafal lirik lagu urutan angka bukan memahami kuantitas angka yang dimaksud. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak permainan super smart kids terhadap kecerdasan logika-matematika anak usia dini.. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimental tipe Non-equivalent Control Group. sampel yaitu 36 orang anak usia 5-6 tahun, yang terdiri dari 18 anak kelompok B1 dan 18 anak kelompok B2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi terstruktur menggunakan instrumen lembar observasi. Teknik analisis ada yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan super smart kids dapat mempengaruhi kecerdasan logika-Matematika anak usia dini hal ini ditunjukkan oleh skor skor thitung sebesar 4,500 lebih tinggi daripada skor ttabel yaitu 2,101. Jadi, permainan super smart kids sangat direkomendasikan dalam proses pembelajaran, khususnya untuk meningkatkan kemampuan matematis, berfikir logis, dan kecerdasan logika-matematika anak usia dini.
References
Agustin, M. (2013). Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Sejak Dini Sebagai Tonggak Awal Melahirkan Generasi Emas. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10390.
Al Mubarok, A. A. S. A., & Amini. (2020). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77–89. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221.
Anggraini, W., & Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5248.
Attamimi, M. A., & Umarella, S. (2019). Implementation of The Theory Multiple Intelligences in Improve Competence of Learners on The Subjects of Islamic Religious Education in SMP Negeri 14 Ambon. Al-Iltizam, 4(1), 73–103. https://doi.org/10.33477/alt.v4i1.817.
Ezkanandyta, N., Rachmawati, Y., & Mariyana, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Busy Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(1). https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20874.
Gleave, J., & Cole-Hamilton, I. (2012). A world without play: A literature review on the effects of a lack of play on children’s lives.
Gunduz, N., & Hursen, C. (2015). Constructivism in Teaching and Learning: Content Analysis Evaluation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 526–533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.640.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38.
Jung, H., & Hasan, A. (2016). The impact of early childhood education on early achievement gaps in Indonesia. Journal of Development Effectiveness, 8(2), 216–233. https://doi.org/10.1080/19439342.2015.1088054.
Kaul, V., Bhattacharjea, S., Chaudhary, A. B., Ramanujan, P., Banerji, M., & Nanda, M. (2017). The India Early Childhood Education Impact Study. New Delhi: UNICEF.
Kembuan, O., Suwaryaningrat, E., & Liow, M. C. N. (2019). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Permainan Edukatif Bagi Siswa PAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 151–155. https://doi.org/10.17509/cd.v10i2.18705.
Khadijah, Arlina, Hardianti, R. W., & Maisarah. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra, serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1960–1972. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1054.
Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.624.
Maisarah. (2018). Matematika dan Sains Anak Usia Dini. Medan: Akasha Sakti.
Maulidah, N., & Santoso, A. (2012). Permainan Konstruktif untuk Meningkatkan Kemampuan Multiple Intelligence (Visual-Spasial dan Interpersonal). Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1). https://doi.org/10.29080%2Fjbki.v2i1.20.
Mufarizuddin. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62–71. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32.
Musyarofah. (2017). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember Tahun 2016. Inject: Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 99–122. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122.
Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nitecki, E., & Chung, M. . (2016). Play as Place: a Safe Space for Young Children to Learn about the World. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 4(1), 26–32. https://eric.ed.gov/?id=EJ1120144.
Noermayanti, S., & Hasibuan, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-5 Melalui Permainan Memancing Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Tunas Bangsa Kedungturi Gudo Jombang. Jurnal PAUD TERATAI, 6(3), 1–5. https://core.ac.uk/download/pdf/230643844.pdf.
Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50.
Pahwani, D. (2018). Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 4-5 Tahun di TK Anak Bangsa Mandiri Kecamatan Labuhan Deli Serdang T.A. 2017/2018. Jurnal Usia Dini, 4(1), 1–8. http://digilib.unimed.ac.id/30958/.
Perry, D. F., Holland, C., Darling-Kuria, N., & Nadiv, S. (2011). Challenging behavior and expulsion from child care: The role of mental health consultation. Zero to Three Journal, 2. https://eric.ed.gov/?id=EJ961213.
Puspitasari, E. (2015). Pemetaan Kreativitas Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Laboratorium PG-PAUD Universitas Riau. Educhild. http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v4i1.2802.
Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75.
Rahmi, P., Mawaddah, Fajriah, H., & Maisarah. (2020). Penerapan Alat Permainan Edukatif Tangram untuk meningkatkan Kreativitas Anak dalam Mengenal Bentuk Geometri di TKN Pembina Lawe Alas. Jurnal Raudhah, 8(1), 81–91. https://doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.588.
Rao, N. (2017). Effectiveness of early childhood interventions in promoting cognitive development in developing countries: A systematic review and meta-analysis. HK J Paediatr, 22(1), 14–25. http://www.hkjpaed.org/details.asp?id=1103&show=1234.
Rohmah, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 27–35.
Salpina. (2019). Implementasi Permainan Super Smart Kids untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. J-SANAK: Jurnal Kajian Anak, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.366.
Sit, M., Budianti, Y., & Muliyani, R. (2021). The Application of Number Fishing Game to Improve Basic Mathematics Ability. AXIOM: Jurnal Pendidikan & Matematika, 10(1), 85–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8886.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61.
Sumardi, Nur, L., & Sa’diyyah, H. H. (2017). Kemampuan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun di Kober Al-Hidayah Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 106–117. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7164.
Suminar, A., & Ashshidiqi, A. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika dengan Menggunakan Media Realia pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina. Jurnal Jendela Bunda, 7(2), 25–26. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/download/1345/875.
Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150.
Team, K. P. (2016). Super Smart Kids, Anakku cerdas dan kreatif (Menghitung Angka). Tangerang: Katahati.
Ulfah, M. (2018). Program Parenting Di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Bantul. Jurnal Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(1).
Waltz, M. (2013). The importance of social and emotional development in young children.
Widyaningsih, S. Y. (2014). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Reaksi Redoks Melalui Model Teams Games Tournaments (TGT) Media Fun Thinkers. Implementasi Pendekatan Saintifik Dan Karakter Dalam Penelitian Dan Pembelajaran Sains Menyongsong Generasi Emas Indonesia. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/5055.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)