Dampak Permainan Super Smart Kids Terhadap Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia Dini

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.36855

Keywords:

Anak usia dini, kecerdasan logika-matematika, permainan super smart kids

Abstract

Kecerdasan logika-matematika sangat penting bagi kehidupan anak. Namun masih ditemukan bahwa 10 dari 18 anak usia dini yang memiliki kecerdasan logika-matematika yang rendah, belum mampu berhitung tanpa bantuan guru, dan mengetahui angka karena hafal lirik lagu urutan angka bukan memahami kuantitas angka yang dimaksud. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak permainan super smart kids terhadap kecerdasan logika-matematika anak usia dini.. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimental tipe Non-equivalent Control Group. sampel yaitu 36 orang anak usia 5-6 tahun, yang terdiri dari 18 anak kelompok B1 dan 18 anak kelompok B2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi terstruktur menggunakan instrumen lembar observasi. Teknik analisis ada yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan super smart kids dapat mempengaruhi kecerdasan logika-Matematika anak usia dini hal ini ditunjukkan oleh skor skor thitung sebesar 4,500 lebih tinggi daripada skor ttabel yaitu 2,101. Jadi, permainan super smart kids sangat direkomendasikan dalam proses pembelajaran, khususnya untuk meningkatkan kemampuan matematis, berfikir logis, dan kecerdasan logika-matematika anak usia dini.

References

Agustin, M. (2013). Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Sejak Dini Sebagai Tonggak Awal Melahirkan Generasi Emas. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10390.

Al Mubarok, A. A. S. A., & Amini. (2020). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77–89. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221.

Anggraini, W., & Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5248.

Attamimi, M. A., & Umarella, S. (2019). Implementation of The Theory Multiple Intelligences in Improve Competence of Learners on The Subjects of Islamic Religious Education in SMP Negeri 14 Ambon. Al-Iltizam, 4(1), 73–103. https://doi.org/10.33477/alt.v4i1.817.

Ezkanandyta, N., Rachmawati, Y., & Mariyana, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Busy Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(1). https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20874.

Gleave, J., & Cole-Hamilton, I. (2012). A world without play: A literature review on the effects of a lack of play on children’s lives.

Gunduz, N., & Hursen, C. (2015). Constructivism in Teaching and Learning: Content Analysis Evaluation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 526–533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.640.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38.

Jung, H., & Hasan, A. (2016). The impact of early childhood education on early achievement gaps in Indonesia. Journal of Development Effectiveness, 8(2), 216–233. https://doi.org/10.1080/19439342.2015.1088054.

Kaul, V., Bhattacharjea, S., Chaudhary, A. B., Ramanujan, P., Banerji, M., & Nanda, M. (2017). The India Early Childhood Education Impact Study. New Delhi: UNICEF.

Kembuan, O., Suwaryaningrat, E., & Liow, M. C. N. (2019). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Permainan Edukatif Bagi Siswa PAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 151–155. https://doi.org/10.17509/cd.v10i2.18705.

Khadijah, Arlina, Hardianti, R. W., & Maisarah. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra, serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1960–1972. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1054.

Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.624.

Maisarah. (2018). Matematika dan Sains Anak Usia Dini. Medan: Akasha Sakti.

Maulidah, N., & Santoso, A. (2012). Permainan Konstruktif untuk Meningkatkan Kemampuan Multiple Intelligence (Visual-Spasial dan Interpersonal). Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1). https://doi.org/10.29080%2Fjbki.v2i1.20.

Mufarizuddin. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62–71. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32.

Musyarofah. (2017). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember Tahun 2016. Inject: Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 99–122. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122.

Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nitecki, E., & Chung, M. . (2016). Play as Place: a Safe Space for Young Children to Learn about the World. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 4(1), 26–32. https://eric.ed.gov/?id=EJ1120144.

Noermayanti, S., & Hasibuan, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-5 Melalui Permainan Memancing Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Tunas Bangsa Kedungturi Gudo Jombang. Jurnal PAUD TERATAI, 6(3), 1–5. https://core.ac.uk/download/pdf/230643844.pdf.

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50.

Pahwani, D. (2018). Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 4-5 Tahun di TK Anak Bangsa Mandiri Kecamatan Labuhan Deli Serdang T.A. 2017/2018. Jurnal Usia Dini, 4(1), 1–8. http://digilib.unimed.ac.id/30958/.

Perry, D. F., Holland, C., Darling-Kuria, N., & Nadiv, S. (2011). Challenging behavior and expulsion from child care: The role of mental health consultation. Zero to Three Journal, 2. https://eric.ed.gov/?id=EJ961213.

Puspitasari, E. (2015). Pemetaan Kreativitas Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Laboratorium PG-PAUD Universitas Riau. Educhild. http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v4i1.2802.

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75.

Rahmi, P., Mawaddah, Fajriah, H., & Maisarah. (2020). Penerapan Alat Permainan Edukatif Tangram untuk meningkatkan Kreativitas Anak dalam Mengenal Bentuk Geometri di TKN Pembina Lawe Alas. Jurnal Raudhah, 8(1), 81–91. https://doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.588.

Rao, N. (2017). Effectiveness of early childhood interventions in promoting cognitive development in developing countries: A systematic review and meta-analysis. HK J Paediatr, 22(1), 14–25. http://www.hkjpaed.org/details.asp?id=1103&show=1234.

Rohmah, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 27–35.

Salpina. (2019). Implementasi Permainan Super Smart Kids untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. J-SANAK: Jurnal Kajian Anak, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.366.

Sit, M., Budianti, Y., & Muliyani, R. (2021). The Application of Number Fishing Game to Improve Basic Mathematics Ability. AXIOM: Jurnal Pendidikan & Matematika, 10(1), 85–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8886.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61.

Sumardi, Nur, L., & Sa’diyyah, H. H. (2017). Kemampuan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun di Kober Al-Hidayah Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 106–117. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7164.

Suminar, A., & Ashshidiqi, A. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika dengan Menggunakan Media Realia pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina. Jurnal Jendela Bunda, 7(2), 25–26. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/download/1345/875.

Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150.

Team, K. P. (2016). Super Smart Kids, Anakku cerdas dan kreatif (Menghitung Angka). Tangerang: Katahati.

Ulfah, M. (2018). Program Parenting Di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Bantul. Jurnal Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(1).

Waltz, M. (2013). The importance of social and emotional development in young children.

Widyaningsih, S. Y. (2014). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Reaksi Redoks Melalui Model Teams Games Tournaments (TGT) Media Fun Thinkers. Implementasi Pendekatan Saintifik Dan Karakter Dalam Penelitian Dan Pembelajaran Sains Menyongsong Generasi Emas Indonesia. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/5055.

Downloads

Published

2021-10-09

How to Cite

Masganti, M., Arlina, A., & Widai, W. (2021). Dampak Permainan Super Smart Kids Terhadap Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 310–317. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.36855

Issue

Section

Articles