Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini pada Masa New Normal

Authors

  • Ni Made Krisnanda Kusuma Indra Rini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Ayu Tirtayani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37421

Keywords:

Manajemen Pembelajaran PAUD, PAUD, New Normal

Abstract

Perubahan sistem belajar yang dikarenakan situasi pandemi COVID-19 menuju new normal membuat kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan pada manajemen pembelajarannya sehingga tenaga pendidik diharuskan menyesuaikan kembali dengan keadaan di masa new normal ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen pembelajaran PAUD di masa new normal. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian ini sebanyak 139 guru dari total populasi sebanyak 213 guru. Pengumpulan data mempergunakan metode non tes dengan instrumen berupa kuesioner  tertutup. Tahapan analisis data dalam penelitian ini menggunakan persentase data mean (rata-rata). Hasil penelitian ini dapat dilihat dari aspek perencanaan menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh guru sudah baik, dari aspek pelaksanaan menunjukkan kegiatan yang dilakukan berjalan dengan lancar, aspek pengawasan menunjukkan persiapan dan strategi yang dirancang sudah sangat baik, kemudian aspek evaluasi  menunjukkan segala sesuatunya yang terkait dengan penilaian sudah dirancang dengan sangat baik dan aspek pelaporan menunjukkan segala bentuk pertanggung jawaban guru kepada pihak terkait juga sudah matang. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam manajemen pembelajaran PAUD di masa new normal ini dari 5 aspek yang ada menunjukkan hasil yang sangat baik dalam penerapannya.

Author Biography

Ni Made Krisnanda Kusuma Indra Rini, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

References

Alavudeen, S. S., Easwaran, V., Mir, J. I., Shahrani, S. M., Ahmed Mohammed Almodeer Aseeri, A. A., Khan, N. A., & Asiri, A. A. (2021). The influence of COVID-19 related psychological and demographic variables on the effectiveness of e-learning among health care students in the southern region of Saudi Arabia. Saudi Pharmaceutical Journal. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2021.05.009.

Andarwulan, T., Al Fajri, T. A., & Damayanti, G. (2021). Elementary teachers’ readiness toward the online learning policy in the new normal era during Covid-19. International Journal of Instruction, 14(3), 771–786. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14345a.

Ardiani, N. F. W., Guna, N. A., & Novitasari, R. (2013). Pembelajaran Tematik Dan Bermakna Dalam Perspektif Revisi Taksonomi Bloom. Satya Widya, 29(2), 93–107. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i2.p93-107.

Aryantini, Agung, & Dantes. (2018). Kontribusi Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 99–110. https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2757.

Asta, I. K. R., Agung, A., Agung, G., & Widiana, I. W. (2015). BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Universitas Pendidikan Ganesha Berdasarkan penelitian dari United. 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5637.

Astuti, & Muslim. (2018). Perencanaan dan Analisis E-Book Interaktif Materi ASEAN. Jurnal Informatika Sunan Kalijaga, 2(3). https://doi.org/10.14421/jiska.2018.23-01.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Badu, S. Q. (2013). Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick Pada Perkuliahan Masalah Nilai Awal Dan Syarat Batas. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16, 102–129. https://doi.org/10.21831/pep.v16i0.1108.

Bafadal. (2012). Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak. PT Bumi Aksara.

Basri, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 247. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12593.

Bin-Hady, W. R. A., & Abdulsafi, A. S. T. (2019). How Can I Prepare an Ideal Lesson-Plan? SSRN Electronic Journal, 7(4). https://doi.org/10.2139/ssrn.3434031.

Cahyadi, A. (2020). Covid-19 Outbreak and New Normal Teaching in Higher Education: Empirical Resolve from Islamic Universities in Indonesia. Dinamika Ilmu, 20(2), 255–266. https://doi.org/10.21093/di.v20i2.2545.

Contreras, K., Arredondo, C., Díaz, C., Inostroza, M. J., & Strickland, B. (2020). Examining differences between pre- and in-service teachers’ cognition when lesson planning. System, 91. https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102240.

Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa The Influence Of Outdoor Learning On The Mathematical Critical Thinking Skills Of Students. Junal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 106–113. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.15482.

Dewi, C. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Bermain Drama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4575.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018.

Dista. (2020). Manajemen Pendirian Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus Di TK Fastrack Funschool Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 101–111. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.22582.

Dziuban, Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended Learning: The New Normal and Emerging Technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(3), 1–16..

Eryadini, N., Nafisah, D., Sidi, A., & Buana-lamongan, U. P. A. (2020). Psikologi Belajar Dalam Penerapan Distance Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(3), 163–168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1051.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548.

Finefter-Rosenbluh, I. (2016). Behind the scenes of reflective practice in professional development: A glance into the ethical predicaments of secondary school teachers. Teaching and Teacher Education, 60. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.07.028.

Fitri, Saparahayuningsih, & Agustriana. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1). https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13.

Hanifah, H. (2018). Penerapan Manajemen Program Pembelajaran Bagi Guru Paud Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 24. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1102.

Hotimah, H., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif IPA untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Mikroorganisme SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 201–213. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.15047.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364.

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3.

Ita, E. (2018). Manajemen pembelajaran pendidikan anak usia dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889.

Jiang, H., Islam, A. Y. M. A., & Gu, X. et al. (2021). Online learning satisfaction in higher education during the COVID-19 pandemic: A regional comparison between Eastern and Western Chinese universities. Educ Inf Technol, 1(1). https://doi.org/10.1007/s10639-021-10519-x.

Karaeng, L. K. G., & Simanjuntak, D. C. (2021). EXPLORATION OF EFL TEACHERS ’ EXPERIENCE TOWARD THE IMPLEMENTATION OF E-LEARNING AMIDST THE COVID-19 PANDEMIC : A QUALITATIVE INTERVIEW STUDY. 4(2), 324–340. https://doi.org/10.22460/project.v4i2.p324-340.

Lim, M. T. C., Ramamurthy, M. B., Aishworiya, R., Rajgor, D. D., Tran, A. P., Hiriyur, P., Kunaseelan, S., Jabri, M., & Goh, D. Y. T. (2021). School closure during the coronavirus disease 2019 (COVID-19) pandemic – Impact on children’s sleep. Sleep Medicine, 78(January 2020), 108–114. https://doi.org/10.1016/j.sleep.2020.12.025.

Low, E. L., Ng, P. T., Hui, C., & Cai, L. (2019). How do teacher affective and cognitive self-concepts predict their willingness to teach challenging students? Australian Journal of Teacher Education, 44(10), 18–34. https://doi.org/10.14221/ajte.2019v44n10.2.

Luciana, N. L. R. (2020). Teachers’ Readiness in Inserting the 21st Century Skills in the Lesson Plan in Teaching English. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(2), 168. https://doi.org/10.23887/jpp.v53i2.26406.

Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552.

Mpungose, C. B. (2021). Lecturers’ reflections on use of Zoom video conferencing technology for e-learning at a South African university in the context of coronavirus. African Identities. https://doi.org/10.1080/14725843.2021.1902268.

Muhyiddin. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118.

Mujahidin, E., Mangunjaya, F. M., & Wibowo, R. (2021). The Impact and Strategy for Combating the Outbreak Covid-19 in Student. 5(4), 2145–2155. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1057

Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya..

Munthe, A. P. (2015). Pentingya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14.

Mustafa, Murniati, & Niswanto. (2018). Manajemen Sarana Pendidikan Pada Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLB YTC Kutablang Kabupaten Bireuen. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(1).

Nuraeni, D., Utaya, S., & Akbar, S. (2017). Aktivitas Belajar Dalam Pembelajaran Inside Outside Circle Melalui Lesson Study Pada Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1175–1181. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9931.

Nurhayati, Y. (2018). Penerapan Model Kirkpatrick untuk Evaluasi Program Diklat Teknis Subtantif Materi Perencanaan Pembelajaran Di Wilayah Kerja Provinsi Kepulauan Riau. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 170–187. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.63.

Nurtanto, M., Kholifah, N., Masek, A., Sudira, P., & Samsudin, A. (2021). Crucial problems in arranged the lesson plan of vocational teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), 345–354. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20604.

Olonade, O. Y., Adetunde, C. O., Iwelumor, O. S., Ozoya, M. I., & George, T. O. (2021). Coronavirus pandemic and spirituality in southwest Nigeria : A sociological analysis. Heliyon, 7(March), e06451. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06451.

Pantiwati, Y. (2016). Hakekat Asesmen Autentik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 18. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773.

Paramita, I. B. G., & Putra, I. G. G. P. A. (2020). New Normal Bagi Pariwisata Bali Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 5(2). https://doi.org/10.25078/pba.v5i2.1723.

Pragholapati, A. (2020). New Normal “Indonesia” After Covid-19 Pandemic. 2019, 1–6. https://doi.org/10.31234/osf.io/7snqb.

Puspayanti, A. (2018). Evaluasi pembelajaran diklat menggunakan model countenance stake. Andragogi Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 4(1), 143–167. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.52.

Rauf, R., Wijaya, H., & Tari, E. (2021). Entrepreneurship education based on environmental insight: Opportunities and challenges in the new normal era. Cogent Arts & Humanities, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311983.2021.1945756.

Raynesa. (2019). Lesson Planning in EFL Classroom: A Case Study in Lesson Plan Preparation and Implementation. Wiralodra English Journal, 3(2), 367–375. https://doi.org/10.31943/wej.v3i2.67.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.

Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209–1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811.

Saguni, F. (2013). Efektivitas Metode Problem Based Learning, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Dan Ceramah Sebagai Problem Solving Dalam Matakuliah Perencanaan Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1478.

Saiti, A., & Papadopoulos, Y. (2015). School teachers’ job satisfaction and personal characteristics: A quantitative research study in Greece. International Journal of Educational Management, 29(1), 73–97. https://doi.org/10.1108/IJEM-05-2013-0081.

Sartika, & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04.

Sawitri, H. (2021). COVID-19 : Tingkat Stres Belajar Anak-Anak faktor dari dalam individu seperti penyakit bawaan yang telah dialami dan kurangnya. 5(2), 101–124. https://doi.org/10.35931/am.v5i2.542.

Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139.

Sit, M., & Assingkily, M. S. (2020). Persepsi Guru tentang Social Distancing pada Pendidikan AUD Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1009–1023. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.756.

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., ..., & Agha, R. (2020). World Health Organization Declares Global Emergency: A review of the 2019 Novel Coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery, 76(February), 71–76. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034.

Stoecklin, S. B., Rolland, P., Silue, Y., Mailles, A., Campese, C., Simondon, A., Mechain, M., Meurice, L., Nguyen, M., Bassi, C., Yamani, E., Behillil, S., Ismael, S., Nguyen, D., Malvy, D., Lescure, F. X., Georges, S., Lazarus, C., Tabai, A., … Levy-Bruhl, D. (2020). First cases of coronavirus disease 2019 (COVID-19) in France: Surveillance, investigations and control measures, January 2020. Eurosurveillance, 25(6), 2000094. https://doi.org/10.2807/1560-7917.ES.2020.25.6.2000094.

Suartama, I. K. (2010). Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Media. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 253–262. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.130.

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609.

Sum, T. A., Graciela, E., & Taran, M. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Abstrak. 4(2), 543–550. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287.

Susilo, Rumende, Pitoyo, Santoso, Yulianti, Herikurniawan, & Sinto. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.

Sutarna, N., Acesta, A., Cahyati, N., Giwangsa, S. F., Iskandar, D., & Harmawati, H. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Siswa usia 5-8 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 288–297. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1265.

Syafi’i. (2021). Strategi Pelaporan Penilaian Pembelajaran Dalam Masa Pandemi Covid-19 di RA Al-Ma’ruf Beyan. Potensia, Jurnal Ilmiah, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.57-65.

Wang, G., Zhang, Y., Zhao, J., Zhang, J., & Jiang, F. (2020). Mitigate the effects of home confinement on children during the COVID-19 outbreak. The Lancet, 395(10228), 945–947. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30547-X.

Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Evaluasi penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran pendidikan jasmani materi teknik dasar passing sepak bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774.

Winanti, R., Purwanto, & Khuriyah. (2021). Model Manajemen Pembelajaran Dari Rumah Untuk Pendidikan Berkarakter ( Studi Pada TK Islam Makarima Dan TK Inklusi Saymara Sukoharjo ). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 648–660. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal Of Elementary Education, 3(3). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19407.

Downloads

Published

2021-08-08

How to Cite

Indra Rini, N. M. K. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini pada Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 457–466. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37421

Issue

Section

Articles