Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Anisa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Luh Ayu Tirtayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.52821

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, Manajemen Pembelajaran, Usia Dini

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan beberapa tantangan pada guru dalam proses pembelajaran. Salah satu tantangan yang dimaksud adalah dalam hal pengelolaan sistem pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang terdiri dari 3 kepala sekolah, 3 guru kelompok a, dan 3 guru kelompok b. Data dikumpulkan melalui hasil dari wawancara dan dokumentasi. Analisis data dideskripsikan secara narasi menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taman kanak-kanak menerapkan pengelolaan pembelajaran jarak jauh yakni pembelajaran daring dan pembelajaran luring selama masa pandemi Covid-19. Perencanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 meliputi (RPPM) dan (RPPH). Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara daring melalui video call dan virtual learning dan luring home care dan pertemuan tatap muka. Pelaksanaan menggunakan penilaian berdasar pada observasi, daftar cek lis, percakapan, penugasan, portofolio, dan hasil karya. Berdasarkan hasil temuan dapat dinyatakan bahwa taman kanak-kanak menerapkan pembelajaran jarak jauh yang disesuaikan dengan peraturan pemerintah yang berlaku serta kondisi dan kebutuhan setiap masing-masing sekolah.

References

Adha, M. A., Arifin, I., Maisyaroh, M., Sultoni, S., & Sunarni, S. (2020). Analisis Dampak Anjuran Pemerintah Terhadap Belajar Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 216–223. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p216.

Adriani, S. R. C., Khoirot, S., Sawitri, & Nurjanah, N. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 53. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1162.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116–125. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.385.

Andriani, K. M., Fatonah, S., Wiranata, R., & Azzahra, I. M. (2022). Strategi Pembelajaran Daring Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9726–9735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4174.

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18.

Aprianti, N., & Sugito, S. (2022). Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Literature Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2785–2794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1663.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Bramasta, D., & Putra, A. D. (2021). Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(2), 137. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.13330.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Eliza, D., & Karmila, D. (2021). Pengaruh Game Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Digital Literacy di Taman Kanak-kanak Pertiwi III Ladang Panjang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9737–9744. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2490.

Faradiba, Y., Jahja, Y., & Khasanah, A. (2022). Strategi Pengelolaan Sekolah di Taman Kanak-Kanak Melalui Realitas Sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(10), 870–878. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i3.654.

Hakim, M. S. H. I. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada PAUD. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.8.

Halifah, S., & Nisa, K. (2020). Potret Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Pada Raudhatul Athfal Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Studi Kasus : Ra Baburrahman Tanuntung). Educandum, 6(2), 294–307. https://doi.org/10.31969/educandum.v6i2.410.

Indra, D., Maksum, H., & Abdullah, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Melalui Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 14–22. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33609.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261.

Iswantiningtyas, V., Yulianto, D., & Utomo, H. B. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Daring Masa Kenormalan Baru Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Kediri. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 30–38. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6372.

Magdalena, I., Wahyuni, A., & Hartana, D. D. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Daring yang Efektif Selama Pandemi di SDN 1 Tanah Tinggi. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2). https://doi.org/10.36088/edisi.v2i2.1027.

Marlina, E. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1179.

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4.

Mufaziah, E., & Fauziah, P. (2020). Kendala Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1045–1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.746.

Nasir, N., Bagea, I., Sumarni, S., Herlina, B., & Safitri, A. (2020). Memaksimalkan Fitur Breaking Rooms Zoom Meeting pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 611–624. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.662.

Nasrullah, N., & Bachtiar, M. Y. (2021). Inovasi Pembelajaran Daring dan Dampak Bagi PAUD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1007–1019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1411.

Ningsih, P. A. R., Putri, A. P., Rahhayu, R. S., & Suswandari, M. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama Pandemi Covid-19 Di Sd Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.728.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769.

Nurakhmaliyah, S., & Mawardi, I. (2021). Analisis Kebijakan PSBB dalam Proses Pembelajaran di PAUD Terpadu Az-Zahra Tegalrejo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 150–156. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.43207.

Partami, I. A. M., & Sujana, I. W. (2021). Keterampilan Mengajar Guru PAUD dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 167. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35068.

Pertiwi, L. K., Febiyanti, A., & Rachmawati, Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 19–30. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.26702.

Purwanto, N. A. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Leader Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 76–80. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.26328.

Pusung, R. E., Manggopa, H. K., & Takaredase, A. (2021). Analisis Kendala Dan Alternatif Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 719–730. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3297.

Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010.

Rahma, F. N., Wulandari, F., & Husna, D. U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2470–2477. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.864.

Ridwan, A., Siswanto, E., Susanto, S., Setianto, Y. C., Muslimin, S., & Arifin, M. Z. (2021). Penerapan Metode Belajar Daring untuk Pendidikan Anak Usia Dini S/D Pendidikan Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(01), 30. https://doi.org/10.30736/jab.v4i01.86

Rizki, D., & Lestari, W. (2021). Komunikasi Dalam Pola Asuh Orang Tua Terhadap Gaya Belajar Siswa Kelas V SDN Sukamukti. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 36–48. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.162.

Safriyani, R., Wakhidah, E. W., & Supriyanto, C. (2021). Online Learning Strategies During Covid-19 in an Early Childhood Education. Musamus Journal of Primary Education, 1(1), 145–156. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3227.

Sari, ratih permata. (2019). Dampak Akreditasi Terhadap Mutu PAUD di KB Al Amin Desa Sumber Bendo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Jurnal Tinta, 1(1). https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i1.159.

Setyaningsih, K. D. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di SD Negeri Karangrena 03. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2). https://doi.org/10.30595/.v1i2.9012.

Shofa, M. F. (2020). Inovasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini dI Masa Pandemi Covid 19. Buana Gender : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5(2), 86–96. https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820.

Shofiyah, N., Nisak Aulina, C., & Efendi, N. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Pembuatan Video Pembelajaran Sains Berbasis Smartphone. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–33. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.29.

Sister, B., Kual, N., Sina, R. M., & Siburian, H. H. (2020). Pembelajaran Daring: Tantangan Pembentukan Karakter dan Spiritual Peserta Didik. Peada’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 129–143. https://doi.org/10.34307/peada.v1i2.21.

Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135–154. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582.

Suhardi, M., Albiy, R., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Analisis Dampak Regulasi Pemerintah Terhadap Moda Belajar Daring Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan Di Madrasah Pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1849–1858. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.684.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291.

Wahyuni, W., & Aryani, R. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 1036–1048. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.322.

Werdiningsih, W. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 113–124. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.48.

Widyawati. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Suara Pengabdian, 1(1), 48–54. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v1i1.14.

Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2021). Model Pembelajaran Menyongsong New Era Normal Pada Lembaga PAUD Di Riau. Jurnal Sekolah, 4(3). https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18526.

Wulandari, R., Santoso, S., & Ardianti, S. D. (2021). Tantangan Digitalisasi Pendidikan bagi Orang Tua dan Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Bendanpete. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3839–3851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1312.

Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Anisa, & Tirtayani , L. A. . (2022). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 387–396. https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.52821

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>