Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Ayo Belajar Budaya Nusantara untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37937Keywords:
Audio Visual, Perkembangan BahasaAbstract
Mengingat kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual yang efektif untuk menstimulus perkembangan bahasa pada anak dan memberikan anak kesempatan untuk mengkreasi pada piranti handphone serta anak masih berpatokan pada hasil karya guru dan temannya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis audio visual mengenai ayo belajar budaya nusantara untuk menstimulasi perkembangan bahasa pada anak kelompok B. Subjek uji coba penelitian ini terdiri atas 1 orang uji ahli isi materi, 1 orang uji ahli desain dan media pembelajaran dan 3 orang anak kelompok B. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan kusioner/angket.Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan kuesioner/angket. Hasil validitas dari produk yang dikembangkan yaitu hasil ahli isi materi sebesar 82% tergolong kualifikasi sangat baik, hasil ahli desain media pembelajaran sebesar 95% tergolong kualifikasi sangat baik, hasil ahli media pembelajaran sebesar 85% tergolong kualifikasi sangat baik dan hasil uji coba perorangan sebesar 88% tergolong kualifikasi sangat baik sehingga media dinyatakan layak dan valid digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran ini memiliki tampilan yang menarik sesuai untuk mengenal budaya nusantara, sehingga mampu membuat anak senang dan memotivasi anak dalan memahami pembelajaran yang diberikan. Media pembelajaran ini juga memotivasi guru dalam mengasah kemampuannya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.
References
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.
Amanda, D. A., & Putri, A. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN 1 Jepun. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(2), 160–168. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/joeict.v3i2.1241.
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377.
Cahya Ningrum, E. S., Christianti, M., Maryatun, I. B., & Cholimah, N. (2020). Pelatihan penggunaan buku panduan pembuatan dan pelaksanaan pembelajaran di taman lalu lintas untuk guru taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31395.
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923.
Darmayanti, P., Tegeh, I. M., & Ujianti, R. (2017). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di Tk Widya Sesana Sangsit 2016/2017. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 5(3), 336–347. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v5i1.11557.
Fatihakun, A., & Suryadilaga, M. A. (2021). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Hadits di Masa Pandemi Coronavirus. 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.601.
Fatihakun, A., Wahidah, N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pendidikan Raudhatul Athfal, 4(1), 44–62. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940.
Fatmawati, Sukartiningsih, W., & Indarti, T. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual: Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(1), 6.
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.
Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019). Bangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas Iv Di Sdn Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045.
Krissandi, A. D. S., & Rusmawan. (2016). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Apri. Cakrawala Pendidikan, 457–467. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409.
Maqfiroh, D. N. M., Khutobah, K., & Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Media Motif (Monopoli Edukatif) Dalam Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence Pada Anak Tk Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 65–74. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.24230.
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565.
Naimah, J., Winarni, D. S., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilanpemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 91–100. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14462.
Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389.g9059.
Nurdiyanti, S. (2019). Implementasi Media Visual Dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4 . 0. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 642–650.
Nurhayati, I., Khumaedi, M., & Yudiono, H. (2018). The Effectiveness of the Use of Video Media on Learning on the Competence of Scalp and Hair Care of Vocational High School Students of Beauty Department. Journal of Vocational and Career Education, 3(1), 66–72. https://doi.org/10.15294/jvce.v3i1.15388.
Patmawati, D., Ws, R., & Halimah, M. (2018). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 308–316.
Pradnyana, I. K. A., Pradnyana, I. M. A., & Suyasa, P. W. A. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif PPKN untuk Siswa Tunagrahita dengan Konsep Gamifikasi. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 166–176. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.
Santyasa, I. W., Warpala, I. W. S., & Sudarma, I. K. (2018). The Power of Group Investigation Model on Student Critical Thinking, Attitude, and Character in Learning Physics. 274, 101–106. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.23.
Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039.
Subandji, Shofa, M. F., & Syamsiyati, R. N. (2020). Analisis kompetensi pendidik PAUD pada alumni program studi PIAUD FIT IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 9–19. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.30651.
Sukma, H. H., & Evitriana, N. (2019). Pengembangan Media Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran Menyimak Komprehensif Berbasis Budaya Nusantara untuk Kelas III Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 408–416.
Sulistiyarini, D., Ramadhani, D., & Sabirin, F. (2021). Developing Serious Video Games for Data Communication Courses. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(April), 11–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21009/JTP2001.6.
Susila, I. M. O., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2018). Pengembangan Game Edukasi Nihongo Benkyou Berbasis Android. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 7(2), 76. https://doi.org/10.23887/karmapati.v7i2.15275.
Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5365.
Tuasikal, P. (2021). Peran Pendidikan Multiculturalisme Dalam Mencegah Culture di era pandemic covid 19. 02(1), 42–49.
Vadia, P., Riandini, A., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. (2020). Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 468–478. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26072.
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi Covid- 19. Jurnal Guru Kita, 4(3), 51–58. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472.
Zeptyani, P. A. D., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 69–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.24740.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)