Dampak Pengasuhan Kakek dan Nenek

Authors

  • Konstantinus Dua Dhiu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti
  • Yasinta Maria Fono Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40910

Keywords:

Dampak Pola Asuh, Kakek, Nenek

Abstract

Orang tua baik ayah maupun ibu menganggap bahwa tanggung jawab terbesar dalam pengasuhan adalah dengan memenuhi kebutuhan dan memberi fasilitas yang cukup bagi anak. Hal ini akan berpengaruh pada perilaku anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam dampak pengasuhan kakek dan nenek pada anak usia 4-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.  Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Campbell. Cara analisis penjodohan Campbell dengan membuat peta konsep. Hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk pengasuhan kakek dan nenek dilakukan sesuai pengalaman dan wawasan kakek dan nenek (openes to experience). Kakek dan nenek memberikan kesempatan kepada anak melakukan aktivitasnya sendiri, membuat jadwal pekerjaan ringan dan memberikan aturan lisan kepada anak. Dalam menerapkan aturan lisan kakek dan nenek menyertakan penjelasan yang menggunakan kata-kata yang baik dan mudah dipahami anak, sehingga tercipta interaksi harmonis antara kakek dan nenek dan anak. Kakek dan nenek mengasuh dan mendanakik anak dengan tegas dan proposional. Pengasuhan kakek dan nenek memberikan dampak yang positif bagi perkembangan anak. Kakek dan nenek juga mendanakik cucunya dengan  pembiasaan, melalui tingkah laku, keterampilan, dan kecakapan, tertentu  salah satunya dalam hal menata baju, dan sepatu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak pengasuhan kakek dan nenek tanakak selamanya memberikan stigma negatif bagi perkembangan anak.


References

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301.

Alamiyah, S. S., Kusuma, A., Juwito, J., & Tranggono, D. (2021). Pergeseran Model Pendampingan Penggunaan Media Digital oleh Orangtua pada Anak di Masa Pandemi COVID-19 Pendahuluan Pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan pada berbagai aspek kehidupan manusia . Untuk mengatasi dan mengurangi dampak resiko pandemi ,. JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 4(1), 5–12. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.120.

Alvarez, A., Teeters, L. P., Hamm-Rodríguez, M., & Dimidjian, S. (2021). Understanding children’s funds of identity as learners through multimodal self-expressions in Mexico City. Learning, Culture and Social Interaction, 29. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2021.100513.

Amanda, N. R., Antara, P. A., & Magta, M. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Regulasi Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7843.

Atmoko, A. D., Munir, Z., & Ramadhan, G. (2019). Pengaruh Menonton Tayangan Televisi Terhadap Perilaku Agresif Pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP), 7(1). https://doi.org/10.33650/jkp.v7i1.509.

Beazley, H., Butt, L., & Ball, J. (2018). ‘Like it, don’t like it, you have to like it’: children’s emotional responses to the absence of transnational migrant parents in Lombok, Indonesia. Children’s Geographies, 16(6), 591–603. https://doi.org/10.1080/14733285.2017.1407405.

Breheny, M., Stephens, C., & Spilsbury, L. (2013). Involvement without interference: How grandparents negotiate intergenerational expectations in relationships with grandchildren. Journal of Family Studies, 19(2), 174–184. https://doi.org/10.5172/jfs.2013.19.2.174.

Choi, S. E., & Zhang, Z. (2021). Caring as curing: Grandparenting and depressive symptoms in China. Social Science & Medicine, 289. https://doi.org//10.1016/j.socscimed.2021.114452.

Chow, C. Y., Riantiningtyas, R. R., Kanstrup, M. B., Papavasileiou, M., Liem, G. D., & Olsen, A. (2020). Can games change children’s eating behaviour? A review of gamification and serious games. Food Quality and Preference, 80. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2019.103823.

Darnis. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548.

Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1). https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590.

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197.

Ghufron, A. (2010). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3), 13–24. https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.230.

Gottzén, L., & Sandberg, L. (2017). Creating safe atmospheres? Children’s experiences of grandparents’ affective and spatial responses to domestic violence. Children’s Geographies, 3285, 1–13. https://doi.org/10.1080/14733285.2017.1406896.

Hamzah, N., Khomaeny, E. F. F., & Ulfa, M. (2021). Tontonan anak di Televisi: Paradoks dan Kontestasi Nilai Tontonan Anak di Media Televisi Nasional. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1883–1893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.713.

Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah. (2019). Perancangan Media Pengenalan Warna Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Imajinasi Seni Dan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553.

Hartanto, D., & Yuliani, S. (2019). Pola Pengasuhan Anak Dalam Konteks Pendidikan Peran Pemerintah dan Orang Tua. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 1. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3106.

Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2015). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.

Makhmudah, S. (2020). Penanaman Nilai Keagamaan Anak Melalui Metode Bercerita. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 68–79. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9189.

Marr, C., Breeze, P., & Caton, S. J. (2021). A comparison between parent and grandparent dietary provision, feeding styles and feeding practices when caring for preschool-aged children. Appetite, 27. https://doi.org/10.1016/j.appet.2021.105777.

Nurrahman, A. (2019). Peran Serta Media Pembelajaran Dalam Memfasilitasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 101–105. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453.

Ogelman, H. G., Gungor, H., Korukcu, O., & Sarkaya, H. E. (2018). Examination of the relationship between technology use of 5–6 year-old children and their social skills and social status. Early Child Development and Care, 188(2), 168–182. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1208190.

Padilla-walker, L. M., Fraser, A. M., & Harper, J. M. (2012). Walking the walk : The moderating role of proactive parenting on adolescents ’ value-congruent behaviors. Journal of Adolescence, 35(5), 1141–1152. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2012.03.003.

Putri, L. A. D., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438.

Risnawati, A., & Nuraeni, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Sunda Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Rebo Nyunda Di Pendidikan Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p243-250.

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 (Answering the Problems Facing Early Childhood During the COVID-19 Pandemic). Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310.

Santrock, J. W. (2015). Life Span Development. Hill Education.

Septiani, D., & Nasution, I. N. (2018). Peran Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Bagi Perkembangan Kecerdasan Moral Anak. Jurnal Psikologi, 13(2). https://doi.org/10.24014/jp.v13i2.4045.

Shakya, H. B., Usita, P. M., Eisenberg, C., Weston, J., & Liles, S. (2011). Social Work Family Well-Being Concerns of Grandparents in Skipped Generation Families Family Well-Being Concerns of Grandparents. Journal of Gerontological, August 2013, 37–41. https://doi.org/10.1080/01634372.2011.620072.

StefaniMilovanska-Farrington. (2021). The Effect of Parental and Grandparental Supervision Time Investment on Children’s Early-Age Development. Research in Economics, 75(3). https://doi.org/10.1016/j.rie.2021.06.006.

Tan, J., Buchanan, A., & Griggs, J. (2009). Grandparenting and Adolescent Adjustment in Two-Parent Biological ,. J Fam Psycho, 23(1), 67–75. https://doi.org/10.1037/a0014383.

Teerawichitchainan, B., & Low, T. Q. Y. (2021). The situation and well-being of custodial grandparents in Myanmar: Impacts of adult children’s cross-border and internal migration. Social Science & Medicine, 277. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2021.113914.

Wardani, Anita, & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Xu, Y., Jedwab, M., Soto-Ramírez, N., & Levkoff, S. E. (2021). Material hardship and child neglect risk amidst COVID-19 in grandparent-headed kinship families: The role of financial assistance. Child Abuse & Neglect, 121. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2021.105258.

Yaffe, Y. (2019). Comparing Bedouin and Jewish parents’ parenting styles and practices. International Journal of Adolescence and Youth, 00(00), 1–10. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1577283.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Dhiu, K. D., & Fono, Y. M. (2021). Dampak Pengasuhan Kakek dan Nenek. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 342–348. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40910

Issue

Section

Articles