Metode Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Masa Covid-19

Authors

  • Salamiyah Nur Hakim Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mitha Nur Amalina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khadijah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42680

Keywords:

sosial emosional, anak usia dini, orang tua.

Abstract

Perkembangan sosial emosional anak secara langsung memengaruhi dalam proses pembelajaran dan diperlukan dukungan lebih banyak bagi anak dari berbagai pihak. Sosial dan emosional pembangunan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. sosial yang positif dan Perkembangan emosi membuat anak lebih mudah bergaul orang lain dan belajar lebih baik, serta dalam kegiatan lain di masyarakat lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan emosional dan sosial pada anal usia dini. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara terstruktur. Adapun analisa data yang digunakan adalah analisis data interaktif melalui beberapa tahapan yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dalam pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi yang baik antar anak dan orang tua, khususnya ibu akan sangat mempermudah untuk memahamkan kondisi kegiatan yang berubah diakibatkan pandemi saat ini. Perkembangan sosial dan emosional sejatinya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dengan kata lain, membahas perkembangan emosi harus bersinggungan dengan perkembangan sosial anak. Demikian juga sebaliknya, membahas perkembangan sosial harus melibatkan aspek emosional sebab keduanya terintegrasi dalam bingkai kejiwaan yang utuh.

Published

2022-04-01

How to Cite

Harahap, S. N. H., Amalina, M. N. ., & Khadijah. (2022). Metode Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Masa Covid-19 . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42680

Issue

Section

Articles