Metode Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Masa Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42680Keywords:
sosial emosional, anak usia dini, orang tua.Abstract
Perkembangan sosial emosional anak secara langsung memengaruhi dalam proses pembelajaran dan diperlukan dukungan lebih banyak bagi anak dari berbagai pihak. Sosial dan emosional pembangunan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. sosial yang positif dan Perkembangan emosi membuat anak lebih mudah bergaul orang lain dan belajar lebih baik, serta dalam kegiatan lain di masyarakat lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan emosional dan sosial pada anal usia dini. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara terstruktur. Adapun analisa data yang digunakan adalah analisis data interaktif melalui beberapa tahapan yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dalam pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi yang baik antar anak dan orang tua, khususnya ibu akan sangat mempermudah untuk memahamkan kondisi kegiatan yang berubah diakibatkan pandemi saat ini. Perkembangan sosial dan emosional sejatinya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dengan kata lain, membahas perkembangan emosi harus bersinggungan dengan perkembangan sosial anak. Demikian juga sebaliknya, membahas perkembangan sosial harus melibatkan aspek emosional sebab keduanya terintegrasi dalam bingkai kejiwaan yang utuh.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 alamiyah Nur Hakim Harahap, Mitha Nur Amalina, Khadijah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)