Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian Berbasis Tri Kaya Parisudha pada Kurikulum 2013 untuk Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42817Keywords:
PAUD, RPPH, Tri Kaya ParisudhaAbstract
Banyak guru yang masih beranggapan bahwa menyusun RPPH tidaklah penting. Bagi mereka, yang terpenting adalah masuk di kelas dan siswa mendapat pelajaran. Pemikiran demikian ini perlu menjadi perhatian para Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Suatu hal yang tidak bisa ditawar, bahwa RPPH wajib disusun oleh guru sebelum guru masuk kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan pembelajaran harian (RPPH) berbasis Tri Kaya Parisudha pada kurikulum 2013 untuk pendidikan anak usia dini. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek penelitiaan ini adalah Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan dalam penelitian dan dokumentasi. Pengolahan data penelitian menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dilakukan pada setiap batang tubuh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dengan mengutamakan nilai-nilai ajaran agama Hindu. Ajaran agama Hindu yang dimuatialah Tri Kaya Parisudha. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian berbasis Tri Kaya Parisudha tersusun atas beberapa bagian diantaranya bagian kepala atau kop RPPH, bagian keterangan atau leher RPPH, bagian isi atau tubuh RPPH dan bagian akhir atau kaki RPPH.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Komang Trisna Mahartini, I Nengah Suastika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)