Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Inovatif
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.45773Keywords:
Karakter Anak Usia Dini, Pembelajaran InovatifAbstract
Kemampuan dan potensi anak PAUD belum berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan belum adanya kerjasama yang baik antara guru dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis tingkat kebutuhan pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran inovatif di TK. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah guru dan anak didik. Tehnik analisis data yang dilakukan adalah menganalisis data deskriptif dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebutuhan pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran inovatif di Di TK dapat digambarkan masih kurangnya pemahaman dari para pendidik, khususnya guru akan pentingnya membentuk karakter anak usia dini. Gambaran bentuk desain pengembangan pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran inovatif terdiri atas dua komponen yakni komponen filosofi model dan komponen pelaksanaan model. Komponen filosofi model meliputi rasionalitas, tujuan, peran guru dan dukungan sistem. Sementara komponen operasional model dijabarkan secara rinci pada semua jenis kegiatan dengan tema yang berbeda. Tingkat validitas isi dan kepraktisan Pengembangan Pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui pembelajaran inovatif di TK menunjukkan bahwa penilaian validator dari semua perangkat dapat dinyatakan valid untuk digunakan. Maka, pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran inovatif memenuhi aspek praktis sehingga layak digunakan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Made Hartawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)