Media Papan Pintar Angka Berbasis Animasi Untuk Stimulus Kognitif Anak Usia Dini

Authors

  • Ni Luh Ayu Intan Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134

Keywords:

Papan Pintar Angka, Animasi, Kognitif

Abstract

Sebagian anak mengalami kesulitan dalam dalammemahami materi saat pembelajaran daring, sehingga siswa membutuhkan media untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan rancang bangun dan menguji kelayakan media papan pintar angka berbasis animasi untuk stimulasi kognitif anak usia dini. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran pada uji kelayakan, 9 orang anak pada uji kelompok kecil dan 3 orang anak untuk uji perorangan. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Dengan instrument penelitian berupa instrument review ahli isi, instrumen review ahli desain pembelajaran, instrumen review ahli media pembelajaran, dan instrumen uji coba perorangan, kelompok kecil. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa kualitas: ahli isi pembelajaran dinilai layak sebesar 90,3% dengan kualifikasi sangat baik. ahli desain pembelajaran dinilai layak sebesar 90,6% dengan kualifikasi sangat baik. ahli media pembelajaran dinilai layak sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik. uji coba perorangan dinilai layak sebesar 83% dengan kualifikasi baik. uji coba kelompok kecil dinilai layak sebesar 86,7% dengan kualifikasi baik. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk media papan pintar angka berbasis animasi ini layak digunakan untuk stimulasi kemampuan kognitif anak usia dini. Media papan pintar yang dikembangkan dapat membuat pembelajaran lebih inovatif dan bervariasi, sehingga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi.

References

Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149

Anggraini, V. (2021). Stimulasi Kecerdasan Logika Matematika Melalui Media Animasi Lagu Berbasis Tematik Pada Masa Pandemic Covid-19 Di Kota Bukit Tinggi. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 106. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.7258. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.7258

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043

Chentiya, C., & Zulminiati, Z. (2021). Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 105–111. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33992. DOI: https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33992

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150. DOI: https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Familiani, N., & Suyadi, S. (2021). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1 Sampai 10 melalui APE Papan Angka pada Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 5(1), 114–126. https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.1.114-126. DOI: https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.1.114-126

Fikri, M. T., & Hidayah. (2021). Pengaruh Blended Learning Berbasis Cooperative Learning Pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 66–81. https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.233. DOI: https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.233

Fitriana, F., & Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221. DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221

Hariyani, I. (2020). Pengembangan Media Taloka (Tali Lompat Angka) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(01), 49–59. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.384. DOI: https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.384

Hewi, L., & Saleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk The Programme For International Student Assesment (PISA). Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2). https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p63-70.2081.

Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98

Irawan, Y., Wulansari, & Edriyansyah. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Huruf Dan Angka Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android (Studi Kasus Di Paud Parahyangan). Jurnal Ilmu Komputer, 11(1), 30–34. https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.251. DOI: https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.251

Jazariyah, J. (2019). Papan Huruf Flanel: Media Pembelajaran Keaksaran Awal Untuk Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.5196. DOI: https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.5196

Koderi, K., Kuswanto, C. W., & Nuryati, S. (2021). Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pengembangan Media Cube Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1834–1845. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1824. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1824

Latief, S. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Sebagai Pondasi Pembentukan Karakter Dalam Era Revolusi 4.0 Dan Society 5.0: Teknik Dan Keberlanjutan Pendidikan Karakter. Jurnal Literasiologi, 3(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.92. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.92

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565

Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jendela PLS, 6(1), 58–66. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205. DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123. DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Mukhlish Safitri, Intan Prastihastari Wijaya, & Dema Yulianto. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Bilangan 1 – 10 Melalui Media Telur Angka Pada Anak Usia 3 – 4 Tahun. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 26–32. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2513. DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2513

Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811–1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41. https://doi.org/10.24036/108806. DOI: https://doi.org/10.24036/108806

Pratiwi, I., Syafdaningsih, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Alat Bermain Papan Magnetik Maze Untuk Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11156. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11156

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717

Rosalina, C. D., & Nugrahani, R. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. Seling:Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 54–63. https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.362.

Solfiah, Y., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2021). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910

Sumarseh, S., & Suryana, D. (2021). Fun Cooking untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2061–2066. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1936. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1936

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1). https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088. DOI: https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088

Tubagus Rahman, Nia Kurniasih, & Iis Aisyah. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Tabung Angka Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 2(2), 85–96. https://doi.org/10.54438/joee.v2i2.253. DOI: https://doi.org/10.54438/joee.v2i2.253

Tubaus, R. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkankemampuan Kognitif (Berhitung) Pada Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.54438/joee.v1i1.116. DOI: https://doi.org/10.54438/joee.v1i1.116

Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933

Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698. DOI: https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698

Widhiasih, A. P., & Yunita, S. (2021). Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831

Windayana, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492

Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500

Yono, Y. S., M, S. Y., & Nurhayati, N. (2021). Pemanfaatan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Amal Pendidikan, 2(1), 55. https://doi.org/10.36709/japend.v2i1.17865. DOI: https://doi.org/10.36709/japend.v2i1.17865

Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Wahyuni, N. L. A. I. (2022). Media Papan Pintar Angka Berbasis Animasi Untuk Stimulus Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 120–128. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134

Issue

Section

Articles