Video Animasi Mengenal Huruf dan Angka untuk Menstimulus Kemampuan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini

Authors

  • I Gusti Agung Ayu Melia Swari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Didith Pramuditya Ambara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47346

Keywords:

Video Animasi, Kognitif, Bahasa

Abstract

Sebagian anak-anak mengalami kesulitan dalam mengingat ataupun mengenal huruf dan angka. Hal ini dikarenakan cara penyampaian dan media yang digunakan masih kurang menarik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rancang bangun dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi mengenal huruf dan angka untuk menstimulasi kemampuan kognitif dan bahasa pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Pengguna dan ahli ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang anak untuk uji perorangan dan 5 orang anak untuk uji kelompok kecil pada kelompok A. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji kelayakan memperoleh hasil yaitu: ahli isi pembelajaran memperoleh 89,58% dengan kualifikasi baik, ahli desain pembelajaran memperoleh 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh 92,30% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh 95,83% dengan kualifikasi sangat baik dan uji coba kelompok kecil 90,00%. Jadi dapat diambil kesimpulkan bahwa produk media pembelajaran berbasis video animasi mengenal huruf dan angka ini layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan kognitif dan bahasa dalam kegiatan proses pembelajaran pada anak usia dini. Implikasi dalam penelitian ini adalah media ini dapat dijadikan solusi dari permasalahan terkait variasi pembelajaran.

References

Abbas, B., Halimah, A., Nursalam, N., & Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 97. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13380. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13380

Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156

Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video As Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics, 2(1). https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640. DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640

Amalia, S., & Patiung, D. (2021). Pengembangan Media Puzzle Untuk Menumbuhkan Kemampuan Mengenal Huruf Latin Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(1), 53. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.21598. DOI: https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.21598

Angga Saputra, A. S., & Lalu Suryandi, L. S. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582. DOI: https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582

Annisa, A., & Sutapa, P. (2019). The Implementation of Nature-based Learning Models to Improve Children’s Motor Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 170. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.140. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.140

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690

Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338

Bastian, A. B., & Suharni, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Media Gambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1303–1311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1772. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1772

Dewi, N. W. U. R., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini melalui video animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99–106. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800.

Dewi, P. Y. P., Asril, N. M., & Handayani, D. A. P. (2021). Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Menstimulasi Kemampuan Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 32. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35570. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35570

Habibah, I., & Nafiqoh, H. (2022). Pemanfaatan Video Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 159. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10258. DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10258

Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a

Hariyani, I. (2020). Pengembangan Media Taloka (Tali Lompat Angka) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(01), 49–59. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.384. DOI: https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.384

Hersi, N., & Yulsyofriend, Y. (2021). Kegiatan Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Painan. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 7–17. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1.33808. DOI: https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1.33808

Herwati, Y. (2019). Pengaruh Permainan Ludo Bergambar Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak di Taman Kanak-kanak Tunas Bangsa Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.358. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.358

Hua, T., Liang, C., Min, G., Li, K., & Chunxi Xiao. (2020). Generating video animation from single still image in social media based on intelligent computing. Journal of Visual Communication and Image Representation, 71, 102812. https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2020.102812. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2020.102812

Irawan, Y., Wulansari, & Edriyansyah. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Huruf Dan Angka Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android (Studi Kasus Di Paud Parahyangan). Jurnal Ilmu Komputer, 11(1), 30–34. https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.251. DOI: https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.251

Jamilah, S. (2019). Pengembangan Sosial- Emosional Anak Melalui Metode Role Playing (Bermain Peran) Di Kelompok B Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(1), 83–101. https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i1.282. DOI: https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i1.282

Khadijah, K., Arlina, A., & Rahmadani, R. A. (2021). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di RA Amanah Amaliyah. Jurnal Raudhah, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.939. DOI: https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.939

Luhulima, D., Degeng, I. N., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi untuk Anak Sekolah Minggu. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p110.

Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2021). Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991–1999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081

Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565

Mukhlish Safitri, Intan Prastihastari Wijaya, & Dema Yulianto. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Bilangan 1 – 10 Melalui Media Telur Angka Pada Anak Usia 3 – 4 Tahun. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 26–32. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2513. DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2513

Nurnamawi, E. K., & Rahim, E. R. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powerpoint Untuk Pelajaran IPA Bagi Siswa SMP Pada Materi Cahaya, Cermin, Dan Lensa. Jambura Physics Journal, 1(1), 24 – 40. https://doi.org/10.34312/jpj.v1i1.2392. DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v1i1.2392

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607. DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607

Rahimah, F. Y., & Izzaty, R. E. (2018). Developing Picture Story Book Media for Building the Self-Awareness of Early Childhood Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 219. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.102. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.102

Ramli, C. P., & Zulminiati, Z. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Di Tk Pertiwi Iv Talawi. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 117–123. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33951. DOI: https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33951

Ratna Dewi, N. W. U., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800

Rusdawati, R., & Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1750. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1750

Sari, N., & Fauziddin, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka Bergambar Kelompok A1 Tk Bina Kasih. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1–10), 319–323. https://doi.org/10.7868/s0869565216210155. DOI: https://doi.org/10.7868/S0869565216210155

Sasongko, N. D. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Mengenal Konsep dan Lambang Bilangan PAUD. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 82. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3571. DOI: https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3571

Semara, T. A., & Agung, A. A. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 99–107. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104

Solfiah, Y., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2021). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585_Evaluasi_dan_Kriteria_Kualitas_Multimedia_Pembeajaran.

Sukarini, K., Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Sukrin, S. (2021). Tahapan Kemampuan Pengembangan Kognitif Berbahasa Anak Usia Dini (4-5 Tahun). EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.637. DOI: https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.637

Sundari, S., & Wahyuningsih, D. (2015). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf, Angka, Warna dan Bentuk Bangun Datar Pada Siswa Kelas 1 SDN 5 Parittiga Berbasis Android. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 4(1), 56. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i1.204.

Susilawati, B., & Satriawan, D. (2018). Membangun Media Interaktif Belajar Anak Usia Dini Dalam Mengenal Huruf dan Angka. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 34–49. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3059. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3059

Wahyuningsih, D. (2015). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf , Angka , Warna dan Bentuk Bangun Datar Pada Siswa Kelas 1 SDN 5 Parittiga Berbasis Android. Jurnal SISFOKOM, 04(1), 56–60. https://doi.org/https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i1.204. DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i1.204

Windayana, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492

Wouters, T., Soomers, J., Smink, M., A.Smitc, R., Plaisier, M., Houtermand, S., L.Bekkersa, R., & Angélique A.Schiffere Victor. (2019). The effect of an animation video on consultation time, anxiety and satisfaction in women with abnormal cervical cytology: Animation video reduces colposcopy time. Preventive Medicine Reports, 13, 238–243. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2019.01.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2019.01.005

Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Swari, I. G. A. A. M., & Didith Pramuditya Ambara. (2022). Video Animasi Mengenal Huruf dan Angka untuk Menstimulus Kemampuan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 163–172. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47346

Issue

Section

Articles