Media Pembelajaran Video Animasi Hemat Energi Listrik untuk Anak Usia Dini

-

Authors

  • Khusniyati Masykuroh Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka
  • Dara Fatmilatun Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.48720

Keywords:

Media, Video Animasi, Energi Listrik

Abstract

Perilaku hemat energi perlu ditanamkan pada anak usia dini, namun media pembelajaran terkait materi tersebut masih terbatas.  Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan media pembelajaran berupa video animasi yang dapat menanamkan perilaku hemat energi listrik pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi hemat energi listrik pada anak usia dini agar anak usia dini paham mengenai pentingnya perilaku hemat energi listrik. Studi ini menggunakan Penelitian dan Pengembangan atau biasa disebut R&D dengan model ADDIE. Validitas media pembelajaran video animasi diuji serta dinilai oleh ahli materi, ahli media, guru dan orangtua kelas A. Hasil presentase dari ahli materi mendapatkan skor 92% dengan kategori “sangat valid”, presentase dari ahli media dengan skor 94% dengan kategori “sangat valid”. Selanjutnya hasil uji coba media video animasi dari guru mendapat skor sebesar 94% dengan kategori “sangat valid”, kemudian penilaian dari 12 orang tua siswa memperoleh presentase skor sebesar 93% dengan kategori “sangat valid”. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi tentang hemat energi listrik dapat dikategorikan “sangat valid” dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini.

References

Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121. DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121

Ahmet, A., Gamze, K., Rustem, M., & Karaborklu Argut, S. (2018). Is Video-Based Education an Effective Method in Surgical Education? A Systematic Review. Journal of Surgical Education, 75(5), 1150–1158. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2018.01.014. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2018.01.014

Akbar, Y. A., & Yuliawan, K. (2018). Animasi Infografis Produk Asuransi Bumiputera Manokwari Menggunakan Adobe After Effect CS 6. Jurnal Teknologi Dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), 1(1), 5–10. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i1.228. DOI: https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i1.228

Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156

Andriyani, N L, & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Andriyani, Ni Luh, & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Asih, T., & Ujianti, P. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Bahij, A. Al, & Bachtiar, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Hemat Energi Terhadap Perilaku Hemat Energi. Jurnal PGSD, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.964. DOI: https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.964

Br Sinulingga, S. H., Jaria, J., & Barus, E. (2019). Development of Animation-Based Teaching Material on Explanation Text on XI Grade Students at MAN 2 Aceh Tenggara. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 257–266. https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203. DOI: https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Dewi, F. I. R., Setyaningsih, E., & Calvinus, Y. (2021). Pemberdayaan Gugus Tugas Sebagai Agen Perubahan Perilaku Hemat Energi. PROSIDING SERINA, 1(1), 1573–1580. http://journal.untar.ac.id/index.php/PSERINA/article/view/17643%0Ahttp://journal.untar.ac.id/index.php/PSERINA/article/viewFile/17643/9711.

Fitriani, R., Wati, R., Hanifah, P., & Misriyanti, M. (2019). Kampanye Hemat Listrik Terhadap Efisiensi Energi Pada Ibu Rumah Tangga Yang Bekerja. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 7(2), 71. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v7i2.2407. DOI: https://doi.org/10.30872/psikostudia.v7i2.2407

Hakimah, Y. (2019). Analisis Kebutuhan Energi Listrik Danprediksi Penambahan Pembangkit Listrik Di Sumatera Selatan. Desiminasi Teknologi, 7(2), 12.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Hardiyanti, W. E., Ilham, M., Ekadayanti, W., & Jafarudin, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar “Powtoon” bagi Guru PAUD. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 78–86. https://doi.org/10.17977/um050v3i2p78-86. DOI: https://doi.org/10.17977/um050v3i2p78-86

Hariati, P., Lily, R., & Islamiani, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa the Effect of Using Animation Video Media on Student Responses in Mathematics Learning on Operating Number of Round Numbers. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1), 18–22. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657. DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657

Ilsa, A., F, F., & Harun, M. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288–300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.643. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.643

Indahini, R. S., Sulton, & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digita Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141–148. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3730.

Iriani, F., & Setyaningsih, E. (2020). Intervensi untuk Perubahan Perilaku Hemat Energi Siswa. Prosiding.Unimus.Ac.Id, 3, 373–382. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/viewFile/639/644.

Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/7494.

Kilis, B. M. H. (2019). Penggunaan Peralatan Listrik Rumah Tangga Secara Hemat Pada Masyarakat Desa Wusa Kecamatan Talawaan. ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 11(2). https://doi.org/10.36412/abdimas.v11i2.884. DOI: https://doi.org/10.36412/abdimas.v11i2.884

Luhulima, D., Degeng, I. N., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi untuk Anak Sekolah Minggu. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p110.

Mahardiananta, I. M. A., Nugraha, I. M. A., Arimbawa, P. A. R., & Prayoga, D. N. G. T. (2021). Saklar otomatis berbasis mikrokontroler untuk mengurangi penggunaan energi listrik. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 4(1), 59–66. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v4i1.759. DOI: https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v4i1.759

Maluegha, B., Punuhsingon, C., Soplanit, G., Teknik, J., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2019). Upaya Peningkatan Penggunaan Energi Listrik Secara Efisien Masyarakat Kelurahan Tosuraya Barat Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Tekno Mesin, 5(2), 29–34. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jtmu/article/view/33010.

Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081

Mudasih, I., & Subroto, W. T. (2019). Comparison of Student Learning Outcomes Through Video Learning Media with Powerpoint. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 183–189. https://doi.org/10.24331/ijere.517997. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.517997

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223

Oktaviani, W. A., Danus, M., & Noveriyanti, R. (2019). Menumbuhkan Kepedulian Pelajar SMA YSP PUSRI Palembang Terhadap Keberlangsungan Energi Listrik Melalui Gerakan Hemat Energi dan Pemanfaatan Solar Sel. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 3(2), 201. https://doi.org/10.36339/je.v3i2.249. DOI: https://doi.org/10.36339/je.v3i2.249

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Pradnyana, G. (2016). Pemenuhan Kebutuhan Energi dalam rangka Mewujudkan Ketahanan Nasional. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 5(2), 67. https://doi.org/10.30588/jmp.v5i2.165. DOI: https://doi.org/10.30588/jmp.v5i2.165

Putra, L. D. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Pariwisata Lokal Berbasis Macromedia Flash Untuk Siswa Sekolah Dasar Yogyakarta. Lovandri Dwanda Putra, 5(1). https://doi.org/10.12928/jpsd.v5i2.12583.

Putri, A. D., & Sari, R. A. (2014). Pendekatan Metode Anp Dan Promethee the Selection of Energy-Saving Opportunities Alternatives Using Anp and Promethee Method Approach. Jurnal Rekayasa Dan Manajeman Sistem Industri, 3(1), 142–153.

Rahmadyani, H., & Kusuma, H. E. (2019). Penyusunan Hipotesis Menggunakan Grounded Theory Four Energy Waste Behavior Groups : Hypothesis Development Using Grounded Theory. Jurnal Pemukiman, 14(2), 82–91. https://doi.org/10.31815/jp.2019.14.82-91. DOI: https://doi.org/10.31815/jp.2019.14.82-91

Savila, F., Astra, I. M., & Muliyati, D. (2018). Pengembangan Komik Biografi Sir Isaac Newton Sebagai Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Paint Tool SAI. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 36–45. https://doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4031. DOI: https://doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4031

Sayekti, O. M. (2019). Film animasi “Nusa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” Sebagai Sarana Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29093. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29093

Semara, T. A., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu Undiksha, 26(1), 99–107. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104

Sembiring, S. B., Agung, A. A. G., & Antara, P. A. (2021). Media Audio Visual dengan Tema Lingkunganku Terhadap Keterampilan Berbicara Anak di Depan Umum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 371. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40134. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40134

Sudewa, K. A., Sugihartini, N., Gede, D., & Divayana, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Dengan Discovery Learning Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII Di SMP Lab Undiksha Singaraja. 10, 25–37. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.29407. DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.29407

Sukarini, K., Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601

Susilawati, B., & Satriawan, D. (2018). Membangun Media Interaktif Belajar Anak Usia Dini Dalam Mengenal Huruf dan Angka. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 34–49. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3059. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3059

Utama, A. G. S., Janani, N. M., Silfiana, S., Wulandari, T. N. A., & Budiningtyas, B. (2018). Automation Of Electrical Energy Savings System: Hemat Listrik, Hemat Biaya. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 79–87. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v6i2.16303 DOI: https://doi.org/10.23887/ekuitas.v6i2.16303

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055

Yuniastuti, Miftakhuddin, & Khoiron, M. (2021). Media pembelajaran untuk generasi milenial. In FARMAKA TROPIS. DOI: https://doi.org/10.31234/osf.io/s8q2w

Z Pasaribu, M., & Nainggolan, B. (2022). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Sma pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(3), 378–388. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i3.561 DOI: https://doi.org/10.36418/jiss.v3i3.561

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Masykuroh, K., & Dara Fatmilatun. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Hemat Energi Listrik untuk Anak Usia Dini: -. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 144–152. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.48720

Issue

Section

Articles