Metode Percobaan Sains Sederhana dengan Kegiatan Ecoprint Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

Authors

  • Herlina Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Nursakina Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Herman Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Sitti Nurhidayah Ilyas Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.48845

Keywords:

Creativity, Science Experiment, Ecoprint

Abstract

Kreativitas sangat penting bagi kehidupan anak, namun masih ditemukan bahwa 8 dari 12 anak belum berkembang dalam kemampuan kreativitas. Hal ini dapat dilihat dari anak yang masih terpaku dengan yang dilakukan guru dan temannya, anak belum mampu mengenal tekstur, anak belum mampu membuat berbagai macam bentuk. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode percobaan sains sederhana dengan kegiatan ecoprint terhadap kreatifitas anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design tipe Nonequivalent Control Grub. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak, 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic nonparametrik. Hasil analisis data yaitu terdapat pengaruh metode percobaan sains sederhana dengan kegiatan ecoprint terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun.  Disimpulkan bahwa metode percobaan sains sederhana dengan kegiatan ecoprint dapat meningkatkan kreativitas anak. Implikasi penelitian ini yaitu penerapan metode percobaan sains sederhana dengan kegiatan ecoprint dapat mengembangkan kreativitas anak.

References

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi orangtua mengatasi kejenuhan anak belajar dari rumah selama pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961.

Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23.

Amalia, M., Pransiska, R., & Yulsofriend, Y. (2019). Pengaruh Kreasi Kertas Kokoru Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Di Taman Kanak-Kanak Nurul Yakin Ringan-Ringan Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(2), 78–86. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.78-86.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi pengembangan kreativitas anak usia dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99.

Daud, A. M., Omar, J., Turiman, P., & Osman, K. (2012). Creativity in Science Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 467–474. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.302.

Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 233. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180.

Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136.

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh membatik ecoprint terhadap perkembangan kreativitas seni anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1143–1155. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.577.

Fiori, M., Fischer, S., & Barabasch, A. (2022). Creativity is associated with higher well-being and more positive COVID-19 experience. Personality and Individual Differences, 194(October 2021), 111646. https://doi.org/10.1016/j.paid.2022.111646.

Halimah, H., Mutmainnah, A., & Ilys, S. N. (2021). Peningkatan Kreativitas Dan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menempel Biji-Bijian Pada Anak Usia 5-6 Tahun. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 2476–9363. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i2.27557.

Handayani, P. H., Gandamana, A., & Farihah, F. (2017). Pengembangan kreativitas anak usia dini dalam keluarga. Jurnal keluarga sehat sejahtera, 15(2), 46–56. https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8774.

Hanifah, A. N. U., Haq, C. A., Suranto, S., & Susilo, A. (2021). Peningkatan Kreativitas Anak dengan Memanfaatan Barang Bekas Hiasan Kain Flannel bagi Anak TPA Nurul Yaqin Desa Sugihan. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 144–151. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15714.

Herak, R., & Lamanepa, G. H. (2019). Meningkatkan kreatifitas siswa melalui STEM dalam pembelajaran IPA Incresing Student Creativity Through STEM in Science Learning. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 4(1), 89–98. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v4i1.1047.

Herlina, M. S., Dartono, F. A., & Setyawan. (2018). Eksplorasi Eco Printing Untuk Produk Sustainable Fashion. Jurnal Kria Isi Surakarta, 15(02), 118–130. https://doi.org/10.33153/ornamen.v15i2.2540.

Holis, A. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 909–916. https://doi.org/10.1142/9789812773678_0145.

Khaeriyah, E. A. S. dan R. K. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 106. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155.

Kharishma, V., & Septiana, U. (2019). Pelatihan Teknik Ecoprint untuk Guru PAUD. Seminar Nasional: Seni, Teknologi dan Masyarakat, 2, 183–187. https://doi.org/10.33153/semhas.v2i0.119.

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2021). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665.

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2021). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508.

Mesterjon, Suwarn, & Selviani, D. (2020). Projects Based Learning Model to Increase Results and Student Activities. Technium Soc. Sci. J., 9, 114.

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123.

Munasti, K., Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Penggunaan Mind Mapping sebagai Media Pengembangan Kreativitas Anak di Masa Pandemi. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 179–185. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.104.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518.

Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 94–101. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.12.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education. https://doi.org/10.15294/jpe.v6i1.14511.

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(1). https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3672.

Nurjanah, Novita Eka. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal ilmiah kajian ilmu anak dan media informasi PAUD, V(1), 19–31. https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3672.

Patriansah, M., Halim, B., & Putra, M. E. P. (2021). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Lomba Gambar Bercerita Di Sd 226 Palembang. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 188. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4299.

Prahesti, wantyka I., Taulany, H., & Dewi, N. K. (2020). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289.

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691.

Rahmadani, S., Pransiska, R., & Wirman, A. (2019). Pengaruh Kegiatan Menstempel Dengan Spons Terhadap Kreativitas Pencampuran Warna. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 95–104. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.95-104.

Rosnaeni, Muslimin, & Saehana, S. (2018). Perbandingan Keterampilan Proses Sains antara Kelompok Siswa yang Diajar dengan Model POE dan Model Discovery. Jurnal Pendidikan Fisika, VI(1), 43–53. https://doi.org/10.24127/jpf.v6i1.1260.

Saraswati, T. J., & Sulandjari, S. (2018). Perbedaan Hasil Rok Pias Eco Print Daun Jati (Tectona grandis) Menggunakan Jenis dan Massa Mordan Tawas dan Cuka. Jurnal Tata Busana, 7(2).

Sari, S. A., & Fauziyah, P. Y. (2022). Pengaruh Permainan Konstruktif dan Percobaan Sains terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. 6(4), 2453–2461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1977.

Solifah, P., Prasetya, S. A., & Reffiane, F. (2020). Program TV Bocah Petualang Tema Pegunungan Sebagai Pemantik Kreativitas Berkarya Anak. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 472–478. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27146.

Susanti, S. M., Henny, H., & Marwah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1987–1996. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.775.

Wahyuni, S., Reswita, & Afidah, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sains , Technology , Art , Engineering And Mathemathic Pada Kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(2), 297–309. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2441.

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Alat Permainan Edukatif : Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini Abstrak. 5(1), 654–664. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692.

Wijaya, I. K. W. B., Suastra, I. W., & Muderawan, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Yulida, Y., & Veryawan, V. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Anak melalui Kegiatan Teknik Kolase. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 19–23. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.770.

Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi pembelajaran literasi sains untuk anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121-130.

Downloads

Published

2023-02-08

How to Cite

Herlina, Nursakina, Herman, & Sitti Nurhidayah Ilyas. (2023). Metode Percobaan Sains Sederhana dengan Kegiatan Ecoprint Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 506–512. https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.48845

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)