Media Lego Berbasis Mozaik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini

Authors

  • I Gusti Ngurah Kade Rama Tanaya Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Rahayu Ujianti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Dewa Ayu Puteri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49412

Keywords:

Media, Lego, Mozaik

Abstract

Kurangnya perhatian anak dalam proses pembelajaran dan belum adanya media pembelajaran yang sesuai, berpengaruh pada kemampuan mengenai huruf pada anak yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media lego berbasis mozaik untuk membantu anak-anak kecil menjadi lebih mahir dalam pengenalan huruf. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Ahli materi pembelajaran berjumlah 4 orang. Ahli media pembelajaran berjumlah 2 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis statistik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validitas dari hahli materi dan ahli media pembelajaran berdasarkan CVR dan CVI rata-rata 1,00 sehingga memiliki validitas yang tinggi. Disimpulkan bahwa media lego berbasis mozaik layak diterapkan dalam pembelajaran. Siswa dapat belajar dari guru dengan menggunakan huruf lego, sehingga dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengenal huruf. Huruf yang disajikan pada lego memungkinkan anak-anak untuk menjelaskan secara langsung apa yang mereka lihat menggunakan bahasa mereka sendiri, anak menjadi lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Kegiatan belajar anak-anak untuk mempromosikan identifikasi huruf lebih berhasil ketika menggunakan media huruf lego berbasis mosaik ini.

References

Afrianingsih, A., Putri, A. R., & Munir, M. M. (2019). Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Melalui Program Pembiasaan Belajar di Rumah Berbantuan Media Sosial di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal tunas siliwangi, 6(2), 111–118. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p111-118.2148.

Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.578.

Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Amelin, R., Ramadan, S., & Gani, E. (2019). Memahami Bahasa Anak Usia 14 Bulan melalui Unsur “Non-Linguistik”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.155. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.155

Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2020). Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504

Amri, N. A. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(2), 105. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864. DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864

Aulia, B. N. R., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). Kebun Buah Learning Media for Early Childhood Counting Ability. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128

Basyar, M. K. (2020). Pengembangan Pembelajaran Pai Model Addie Di Smp Insan Cendekia Mendiri Boarding School, Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 44–57. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5033. DOI: https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5033

Cllaudia, E. S., Widiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97

Email, K., Prof, J., Tawar, A., Kec, B., Utara, P., Padang, K., & Barat, S. (2021). Early Childhood : Jurnal Pendidikan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Balai Talang Akibat Adanya Pandemi Covid-19. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(1), 32–44.

Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1). https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590. DOI: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590

Husain, R., & Kaharu, A. (2021). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85–92. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Ismaniar, I., & Utoyo, S. (2020). “Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak pada Masa Pandemi Covid 19. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 147–157. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429. DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429

Khairiah, D. (2018). Assesmen Perkembangan Sosio-emosional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (K. Yulaelawati, Ella & Restuningsih (ed.); 1st ed.). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.Anak Usia Di. Al Athfal, 1(1), 1–22. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679

Koedoes, Y. A., Abubakar, S. R., Nadzirin, M., & Nur, A. (2020). Solusi Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan, 2(2). https://doi.org/10.33772/jpmit.v2i2.14856. DOI: https://doi.org/10.33772/jpmit.v2i2.14856

Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2015). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520

Kurniawati, D. (2019). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Flash Card. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 59. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40. DOI: https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40

Lai, C., & Tai, C.-P. (2021). Types of social media activities and Hong Kong South and Southeast Asians Youth’s Chinese language learning motivation. System, 97. https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102432. DOI: https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102432

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178

Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741

Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145–3151.

Nuraeni, S., Maesaroh, A., & Sumitra, A. (2019). Optimalisasi Keterampilan Berbicara Untuk Meningkatkan Keyakinan Diri Anak Usia Dini Di Tk Baiturrahman Kabupaten Bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(4). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p166-172. DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p166-172

Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL IKA, 8(2), 304–314. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830

Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2019). Pengembangan Media Website Hybrid Learning berbasis Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 130–142. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567

Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519

Sa’ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937

Sudarsana, I. K. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Membentuk Karakter Anak, 1(1), 41–48. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.481

Suprianto, A., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). The development of mathematics mobile learning media to improve students’ autonomous and learning outcomes. Journal of Primary education, 8(1). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.115. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.115

Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601

Trisnayanti, Y., & Pura, D. N. (2018). Colored plastic pulp as a collage medium in improving early childhood development. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.89. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.89

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Yani, A., & Jazariyah, J. (2020). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503

Yuliani, F., Herman, & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.1.1-8.

Yumi, M., Atmazaki, A., & Gani, E. (2019). Performa Kalimat Anak pada Masa Konstruksi Sederhana: Studi Kasus terhadap Anak Usia 4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 191. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.162. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.162

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

I Gusti Ngurah Kade Rama Tanaya, Putu Rahayu Ujianti, & Dewa Ayu Puteri Handayani. (2022). Media Lego Berbasis Mozaik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 320–326. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49412

Issue

Section

Articles