Strategi Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seksualitas pada Anak di Rumah
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.50252Keywords:
Strategi, Metode, Pendidikan Seksualitas, Kekerasan SeksualitasAbstract
Kekerasan seksual pada anak masih menjadi masalah yang krusial saat ini sehingga dibutuhkan komitmen yang kuat antara negara, sekolah dan orangtua. Sebagai penanggungjawab pendidik pertama di rumah, orangtua wajib memberikan edukasi tentang pendidikan seksualitas pada anak. Pemberian edukasi bisa menggunakan bermacam-macam metode. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi orang tua dalam memberikan pendidikan seksualitas pada anak di rumah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang melibatkan 224 orangtua orang tua yang memiliki anak TK usia 4-6 tahun. Adapun pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik kuota sampling. Jenis instrument yang digunakan adalah angket tertutup. Pada kuesioner tertutup, alternative jawaban sudah ditentukan oleh peneliti. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa dengan rerata persentase 63,375 % menggunakan metode bercerita. Metode berceramah, dengan rerata persentase 58,6 %. Metode demonstrasi dengan rerata persentase 60,275 %. sebesar 68% orangtua menyetujui menerapkan metode bermain peran. Maka, metode bermain peran merupakan metode yang paling tepat digunakan untuk mengedukasi anak-anak tentang pendidikan seksualitas. Implikasi penelitian ini diharapkan orang tua dapat memberikan pendidikan kekerasan seksual anak melalui berbagai metode pembelajaran.
References
Afrianingsih, A., Putri, A. R., & Munir, M. M. (2019). Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Melalui Program Pembiasaan Belajar di Rumah Berbantuan Media Sosial di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 111–118.
Alucyana, A. (2018). Pendekatan Metode Bermain Peran Untuk Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Generasi Emas, 1(1), 1. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2253. DOI: https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2253
Amaliyah, S., & Nuqul, F. L. (2017). Eksplorasi Persepsi Ibu tentang Pendidikan Seks untuk Anak. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 157–166. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1758. DOI: https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1758
Anggraini, T., Riswandi, & Ari, S. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: Aku dan Diriku. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1–14. DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3011
Antara, P. A. (2018). Stimulasi Metode Permainan Kreatif Berdesain Creative Movement Dan Budi Pekerti Dalam Mengembangkan Kemampuan Spasial Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 301–310. https://doi.org/10.21009/jpud.122.11. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.11
Azira, N., Binti, F., Muda, S. M., Hazariah, S., Hamid, A., Azira, N., Binti, F., Muda, S. M., Zain, N. M., Hazariah, S., & Hamid, A. (2020). The role of parents in providing sexuality education to their children. Makara Journal of Health Research, 24(3). https://doi.org/10.7454/msk.v24i3.1235. DOI: https://doi.org/10.7454/msk.v24i3.1235
Bleeker, M., & Van Der Staal, E. (2017). Preventing Sexual Violence Against Children – Effective Sex Education. The Journal of Sexual Medicine, 14(5), e263. https://doi.org/10.1016/j.jsxm.2017.04.289. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsxm.2017.04.289
Breuner, C. C., & Mattson, G. (2016). Sexuality education for children and adolescents. Pediatrics, 138(2). https://doi.org/10.1542/peds.2016-1348. DOI: https://doi.org/10.1542/peds.2016-1348
Browne, A., & Finkelhor, D. (1986). Impact of Child Sexual Abuse. A Review of the Research. Psychological Bulletin, 99(1), 66–77. https://doi.org/10.1037/0033-2909.99.1.66. DOI: https://doi.org/10.1037/0033-2909.99.1.66
Chasanah, I. (2018). Psikoedukasi Pendidikan Seks untuk Meningkatkan Sikap Orangtua dalam Pemberian Pendidikan Seks. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 10(2), 133–150. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss2.art5. DOI: https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss2.art5
Dewi, N. K., Tirtayani, L. A., & Kristiantari, R. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok B di Paud Gugus Anggrek, Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 43–53. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15090. DOI: https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v6i1.5372
Dewi, R., Wahyuningsih, S., & Nurjanah, N. E. (2019). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 352. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.32092. DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.32092
Dista, F. N. (2020). Manajemen Pendirian Taman Kanak-kanak (Studi Kasus di Tk Fastrack Funschool Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 101–111. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.22582.
Hayati, M. (2021). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman untuk TK/RA. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 457–472. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.938. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.938
Hussain, M. A. (2020). Effectiveness of Demonstration Method to Teach the Abstract Concepts to the Children Between the Age of Six to Ten. an Experimental Research. International Journal of Education (IJE), 8(2), 23–32. https://doi.org/10.5121/ije.2020.8203. DOI: https://doi.org/10.5121/ije.2020.8203
Indriani, L. K. 2Ali W. M. 3. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI DI MASA PENDEMI COVID-19. J-SANAK: Jurnal Kajian Anak, Vol. (3)(0, (38-47). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24127/j-sanak.v3i01.1510. DOI: https://doi.org/10.24127/j-sanak.v3i01.1510
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Jamaluddin, M., & Faroh, N. (2019). Muhammad Jamaluddin , Nailil Faroh Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika Pengembangan Asesmen Autentik Berupa Penilaian Proyek .... © by Author ( s ). Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 227–236. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v5i3.729
Joni, I. D. A. M., & Surjaningrum, E. R. (2020). Psikoedukasi Pendidikan Seks Kepada Guru dan Orang Tua Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Diversita, 6(1), 20–27. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.3582. DOI: https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.3582
Krishnan, G., Mohd. Lazim, Z., & Md. Yusof, N. (2011). Sexuality education through short stories. 3L: Language, Linguistics, Literature, 17(SPEC. ISSUE), 75–88.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lehan Mackin, M., Loew, N., Gonzalez, A., Tykol, H., & Christensen, T. (2016). Parent Perceptions of Sexual Education Needs for Their Children With Autism. Journal of Pediatric Nursing, 31(6), 608–618. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2016.07.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pedn.2016.07.003
Maulia, D., Rakhmawati, D., & Dewanto, F. M. (2022). Kontribusi Guru pada Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 13(2). https://doi.org/10.15294/intuisi.v13i2.31846. DOI: https://doi.org/10.15294/intuisi.v13i2.31846
Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65–76. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526. DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526
Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741
Murphy, N. A., & Elias, E. R. (2006). Sexuality of children and adolescents with developmental disabilities. Pediatrics, 118(1), 398–403. https://doi.org/10.1542/peds.2006-1115. DOI: https://doi.org/10.1542/peds.2006-1115
Noeratih, S. (2015). a Model and Material of Sex Education for Early-Aged-Children. Cakrawala Pendidikan, No. 03, 434–448.
Nurhayati, F., & Rasyid, H. (2019). Implementation of Outdoor Games to Improve 4-5 Year Old Childrens Number Sense. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.133. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.133
Pertiwi, K. S. (2020). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335
Pop, M. V., & Rusu, A. S. (2015). The Role of Parents in Shaping and Improving the Sexual Health of Children – Lines of Developing Parental Sexuality Education Programmes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 209(July), 395–401. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.210. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.210
Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520
Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480. DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Rahayuningsih, S. (2020). Animation media of animal husbandry thematic science learning to stimulate scientific attitude in early childhood. International Journal of Scientific and Technology Research. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959 Article Metrics. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959
Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in early childhood education: Time to go digital. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x. DOI: https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x
Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519
Situmorang, P. R. (2020). Pengaruh Pendidikan Seks Anak Usia Prasekolah dalam Mencegah Kekerasan Seksual. Jurnal Masohi, 01, 82–88.
Soesilo, T. D. (2021). Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 47–53. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p47-53. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p47-53
Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156–171. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311/4306.
Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601
Syukur, A., & Tefanai, M. M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar pada PAUD Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 153. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3577. DOI: https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3577
Szucs, L. E., Harper, C. R., Andrzejewski, J., Barrios, L. C., Robin, L., & Hunt, P. (2022). Overwhelming Support for Sexual Health Education in U.S. Schools: A Meta-Analysis of 23 Surveys Conducted Between 2000 and 2016. Journal of Adolescent Health, 70(4), 598–606. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2021.05.016. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2021.05.016
Tampubolon, G. N., Nurani, Y., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Buku Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 527. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.243. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.243
Vaughan, W. E. (2019). Preparing Culturally Responsive Educators in the 21st Century: White Pre-service Teachers Identification of Unearned Privileges. Georgia Educational Researcher, 16(2). https://doi.org/10.20429/ger.2019.160204. DOI: https://doi.org/10.20429/ger.2019.160204
Wohab, M. A., & Akhter, S. (2010). The effects of childhood sexual abuse on children’s psychology and employment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5, 144–149. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.063. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.063
Wulandari, R., & Suteja, J. (2019). Konseling Pendidikan Seks dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Anak (KSA). Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 2(1), 61. https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i1.4751. DOI: https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i1.4751
Yabe, M., Oshima, S., Eifuku, S., Taira, M., Kobayashi, K., Yabe, H., & Niwa, S. I. (2018). Effects of storytelling on the childhood brain: near-infrared spectroscopic comparison with the effects of picture-book reading. Fukushima Journal of Medical Science, 64(3), 125–132. https://doi.org/10.5387/fms.2018-11. DOI: https://doi.org/10.5387/fms.2018-11
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mutiara Magta, Ni Putu Sinta Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)