Strategi Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seksualitas pada Anak di Rumah

Authors

  • Mutiara Magta Universitas Terbuka, Jakarta, Indonesia
  • Ni Putu Sinta Dewi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.50252

Keywords:

Strategi, Metode, Pendidikan Seksualitas, Kekerasan Seksualitas

Abstract

Kekerasan seksual pada anak masih menjadi masalah yang krusial saat ini sehingga dibutuhkan komitmen yang kuat antara negara, sekolah dan orangtua. Sebagai penanggungjawab pendidik pertama di rumah, orangtua wajib memberikan edukasi tentang pendidikan seksualitas pada anak. Pemberian edukasi bisa menggunakan bermacam-macam metode. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi orang tua dalam memberikan pendidikan seksualitas pada anak di rumah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang melibatkan 224 orangtua orang tua yang memiliki anak TK usia 4-6 tahun. Adapun pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik kuota sampling. Jenis instrument yang digunakan adalah angket tertutup. Pada kuesioner tertutup, alternative jawaban sudah ditentukan oleh peneliti. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa dengan rerata persentase 63,375 % menggunakan metode bercerita. Metode berceramah, dengan rerata persentase 58,6 %. Metode demonstrasi dengan rerata persentase 60,275 %. sebesar 68% orangtua menyetujui menerapkan metode bermain peran. Maka, metode bermain peran merupakan metode yang paling tepat digunakan untuk mengedukasi anak-anak tentang pendidikan seksualitas. Implikasi penelitian ini diharapkan orang tua dapat memberikan pendidikan kekerasan seksual anak melalui berbagai metode pembelajaran.

References

Afrianingsih, A., Putri, A. R., & Munir, M. M. (2019). Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Melalui Program Pembiasaan Belajar di Rumah Berbantuan Media Sosial di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 111–118.

Alucyana, A. (2018). Pendekatan Metode Bermain Peran Untuk Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Generasi Emas, 1(1), 1. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2253. DOI: https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2253

Amaliyah, S., & Nuqul, F. L. (2017). Eksplorasi Persepsi Ibu tentang Pendidikan Seks untuk Anak. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 157–166. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1758. DOI: https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1758

Anggraini, T., Riswandi, & Ari, S. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: Aku dan Diriku. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1–14. DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3011

Antara, P. A. (2018). Stimulasi Metode Permainan Kreatif Berdesain Creative Movement Dan Budi Pekerti Dalam Mengembangkan Kemampuan Spasial Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 301–310. https://doi.org/10.21009/jpud.122.11. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.11

Azira, N., Binti, F., Muda, S. M., Hazariah, S., Hamid, A., Azira, N., Binti, F., Muda, S. M., Zain, N. M., Hazariah, S., & Hamid, A. (2020). The role of parents in providing sexuality education to their children. Makara Journal of Health Research, 24(3). https://doi.org/10.7454/msk.v24i3.1235. DOI: https://doi.org/10.7454/msk.v24i3.1235

Bleeker, M., & Van Der Staal, E. (2017). Preventing Sexual Violence Against Children – Effective Sex Education. The Journal of Sexual Medicine, 14(5), e263. https://doi.org/10.1016/j.jsxm.2017.04.289. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jsxm.2017.04.289

Breuner, C. C., & Mattson, G. (2016). Sexuality education for children and adolescents. Pediatrics, 138(2). https://doi.org/10.1542/peds.2016-1348. DOI: https://doi.org/10.1542/peds.2016-1348

Browne, A., & Finkelhor, D. (1986). Impact of Child Sexual Abuse. A Review of the Research. Psychological Bulletin, 99(1), 66–77. https://doi.org/10.1037/0033-2909.99.1.66. DOI: https://doi.org/10.1037/0033-2909.99.1.66

Chasanah, I. (2018). Psikoedukasi Pendidikan Seks untuk Meningkatkan Sikap Orangtua dalam Pemberian Pendidikan Seks. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 10(2), 133–150. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss2.art5. DOI: https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss2.art5

Dewi, N. K., Tirtayani, L. A., & Kristiantari, R. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok B di Paud Gugus Anggrek, Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 43–53. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15090. DOI: https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v6i1.5372

Dewi, R., Wahyuningsih, S., & Nurjanah, N. E. (2019). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 352. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.32092. DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.32092

Dista, F. N. (2020). Manajemen Pendirian Taman Kanak-kanak (Studi Kasus di Tk Fastrack Funschool Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 101–111. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.22582.

Hayati, M. (2021). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman untuk TK/RA. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 457–472. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.938. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.938

Hussain, M. A. (2020). Effectiveness of Demonstration Method to Teach the Abstract Concepts to the Children Between the Age of Six to Ten. an Experimental Research. International Journal of Education (IJE), 8(2), 23–32. https://doi.org/10.5121/ije.2020.8203. DOI: https://doi.org/10.5121/ije.2020.8203

Indriani, L. K. 2Ali W. M. 3. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI DI MASA PENDEMI COVID-19. J-SANAK: Jurnal Kajian Anak, Vol. (3)(0, (38-47). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24127/j-sanak.v3i01.1510. DOI: https://doi.org/10.24127/j-sanak.v3i01.1510

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Jamaluddin, M., & Faroh, N. (2019). Muhammad Jamaluddin , Nailil Faroh Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika Pengembangan Asesmen Autentik Berupa Penilaian Proyek .... © by Author ( s ). Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 227–236. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v5i3.729

Joni, I. D. A. M., & Surjaningrum, E. R. (2020). Psikoedukasi Pendidikan Seks Kepada Guru dan Orang Tua Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Diversita, 6(1), 20–27. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.3582. DOI: https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.3582

Krishnan, G., Mohd. Lazim, Z., & Md. Yusof, N. (2011). Sexuality education through short stories. 3L: Language, Linguistics, Literature, 17(SPEC. ISSUE), 75–88.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lehan Mackin, M., Loew, N., Gonzalez, A., Tykol, H., & Christensen, T. (2016). Parent Perceptions of Sexual Education Needs for Their Children With Autism. Journal of Pediatric Nursing, 31(6), 608–618. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2016.07.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pedn.2016.07.003

Maulia, D., Rakhmawati, D., & Dewanto, F. M. (2022). Kontribusi Guru pada Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 13(2). https://doi.org/10.15294/intuisi.v13i2.31846. DOI: https://doi.org/10.15294/intuisi.v13i2.31846

Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65–76. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526. DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526

Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741

Murphy, N. A., & Elias, E. R. (2006). Sexuality of children and adolescents with developmental disabilities. Pediatrics, 118(1), 398–403. https://doi.org/10.1542/peds.2006-1115. DOI: https://doi.org/10.1542/peds.2006-1115

Noeratih, S. (2015). a Model and Material of Sex Education for Early-Aged-Children. Cakrawala Pendidikan, No. 03, 434–448.

Nurhayati, F., & Rasyid, H. (2019). Implementation of Outdoor Games to Improve 4-5 Year Old Childrens Number Sense. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.133. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.133

Pertiwi, K. S. (2020). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335

Pop, M. V., & Rusu, A. S. (2015). The Role of Parents in Shaping and Improving the Sexual Health of Children – Lines of Developing Parental Sexuality Education Programmes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 209(July), 395–401. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.210. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.210

Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480. DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Rahayuningsih, S. (2020). Animation media of animal husbandry thematic science learning to stimulate scientific attitude in early childhood. International Journal of Scientific and Technology Research. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959 Article Metrics. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in early childhood education: Time to go digital. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x. DOI: https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x

Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519

Situmorang, P. R. (2020). Pengaruh Pendidikan Seks Anak Usia Prasekolah dalam Mencegah Kekerasan Seksual. Jurnal Masohi, 01, 82–88.

Soesilo, T. D. (2021). Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 47–53. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p47-53. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p47-53

Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156–171. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311/4306.

Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601

Syukur, A., & Tefanai, M. M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar pada PAUD Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 153. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3577. DOI: https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3577

Szucs, L. E., Harper, C. R., Andrzejewski, J., Barrios, L. C., Robin, L., & Hunt, P. (2022). Overwhelming Support for Sexual Health Education in U.S. Schools: A Meta-Analysis of 23 Surveys Conducted Between 2000 and 2016. Journal of Adolescent Health, 70(4), 598–606. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2021.05.016. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2021.05.016

Tampubolon, G. N., Nurani, Y., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Buku Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 527. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.243. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.243

Vaughan, W. E. (2019). Preparing Culturally Responsive Educators in the 21st Century: White Pre-service Teachers Identification of Unearned Privileges. Georgia Educational Researcher, 16(2). https://doi.org/10.20429/ger.2019.160204. DOI: https://doi.org/10.20429/ger.2019.160204

Wohab, M. A., & Akhter, S. (2010). The effects of childhood sexual abuse on children’s psychology and employment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5, 144–149. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.063. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.063

Wulandari, R., & Suteja, J. (2019). Konseling Pendidikan Seks dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Anak (KSA). Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 2(1), 61. https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i1.4751. DOI: https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i1.4751

Yabe, M., Oshima, S., Eifuku, S., Taira, M., Kobayashi, K., Yabe, H., & Niwa, S. I. (2018). Effects of storytelling on the childhood brain: near-infrared spectroscopic comparison with the effects of picture-book reading. Fukushima Journal of Medical Science, 64(3), 125–132. https://doi.org/10.5387/fms.2018-11. DOI: https://doi.org/10.5387/fms.2018-11

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Magta, M., & Ni Putu, S. D. (2022). Strategi Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seksualitas pada Anak di Rumah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 265–273. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.50252

Issue

Section

Articles