PENERAPAN PERMAINAN KONSTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok B3 TK Widya Santhi Denpasar Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016)

Ni Komang Ari Citra Dewi ., Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum ., Putu Aditya Antara, S.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal setelah adanya penerapan permainan konstruktif pada anak kelompok B3 TK Widya Santhi Denpasar Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B3 yang berjumlah 19 orang anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Fokus penelitian adalah kecerdasan interpersonal anak. Pengumpulan data tentang kecerdasan interpersonal anak menggunakan instrumen yaitu instrumen kecerdasan interpersonal. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kecerdasan interpersonal melalui penerapan permainan konstruktif pada anak Kelompok B3 TK Widya Santhi Denpasar Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 20,67%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase kecerdasan interpersonal anak pada siklus I sebesar 67,75% dengan kriterian sedang menjadi sebesar 88,42% pada siklus II yang berada pada kriteria tinggi. Dengan demikian penerapan permainan konstruktif dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B3 TK Widya Santhi Denpasar Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : permainan konstruktif, kecerdasan interpersonal

The aim of this research is to determine the increase of interpersonal intelligence ofter the implementation of constructive playing in two semester B3 group of Widya Santhi Kindergarten Denpasar in academic year 2015/2016.This research is a classroom action research (PTK) that was doing in two cycles. Each cycle consists of several stages of planning, action and observation, and reflection .The subjects of this research are 19 students of B3 group, consist of 10 boys and 9 girls. The focus of research is interpersonal intelligence of children . The collection of data on children using instruments interpersonal intelligence is the instrument of interpersonal intelligence.This research use descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis method. The results of this research showed that there was an increase of interpersonal intelligence through the implementation of constructive playing in two semester B3 group of Widya Santhi Kindergarten Denpasar in academic year 2015/2016 amounted to 20,67%. It can be seen from the increase of the average percentage of interpersonal intelligence of the children from 67,75% with moderate criteria in the first cycle become 88,42% with high criteria in the second cycle. That means the implementation of constructive playing can improve interpersonal intelligence in two semester B3 group of Widya Santhi KindergartenDenpasar in academic year 2015/2016.
keyword : constructive play , interpersonal intelligence

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7315

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF file view : 953 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.