PENERAPAN METODE BERMAIN BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL PADA ANAK

Ni Luh Tika Kristina Dewi ., Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd ., Drs. Made Putra, M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial, setelah penerapan metode bermain berbantuan media puzzle pada anak kelompok B1 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Kumara Jaya Denpasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah Anak Kelompok B1 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 TK Kumara Jaya Denpasar, sebanyak 18 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Setelah data terkumpul kemudian di analisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan sosial setelah penerapan metode bermain berbantuan media puzzle pada anak Kelompok B1 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Kumara Jaya Denpasar sebesar 16,5%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase kemampuan sosial anak pada siklus I sebesar 69,43% dengan kriteria sedang menjadi sebesar 85,93% pada siklus II yang ada pada kriteria tinggi. Dengan demikian disimpulkan penerapan metode bermain berbantuan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan sosial pada anak kelompok B1 semester II tahun pelajaran 2015/2016 di TK Kumara Jaya Denpasar.
Kata Kunci : metode bermain, media puzzle, kemampuan sosial

This study aims to determine the increase in social skills, after application of media-assisted method of playing puzzle in children group B1 Semester II Academic Year 2015/2016 in kindergarten Kumara Jaya Denpasar. This research is a classroom action research (PTK) is conducted in two cycles. The subject of research is the Son Group B1 Semester II Academic Year 2015/2016 TK Kumara Jaya Denpasar, about 18 people. Collecting data in this study conducted by the method of observation and data collection instruments used were observation sheet. After the data collected then analyzed with descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis method. The results showed that an increase in social skills after the application of media-aided method of playing puzzle for children Group B1 Semester II Academic Year 2015/2016 in kindergarten Kumara Jaya Denpasar 16.5%. It can be seen from the increase in the average percentage of social skills of children in the first cycle of 69.43% with moderate criteria amounted to 85.93% in the second cycle which is on high criteria. Thus concluded the application of media-aided method of playing puzzle can enhance social skills in children group B1 the second semester of academic year 2015/2016 in kindergarten Kumara Jaya Denpasar.
keyword : playing method, media puzzle, social skills

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7533

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF file view : 1204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.