PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL MEONG-MEONGAN UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK KELOMPOK B3 KUMARA ADI I DENPASAR

Ni Arye Siyani ., Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd ., Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan percaya diri anak setelah diterapkan Permainan Tradisional Meong-Meongan pada Anak Kelompok B3 Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Kumara Adi I Denpasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksankan dalam dua siklus. Fokus dalam penilitian ini adalah percaya diri anak dan tindakan dalam penelitian ini adalah permainan tradisional meong-meongan. Subjek penelitian adalah Anak Kelompok B3 Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 TK Kumara Adi I Denpasar, sebanyak 20 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan percaya diri setelah penerapan permainan tradisional meong-meongan pada anak kelompok B3 semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Kumara Adi I Denpasar sebesar 58,75%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase percaya diri anak pada siklus I sebesar 72,00% dengan kriteria rendah menjadi sebesar 87,00% pada siklus II yang ada pada kriteria tinggi. Dengan demikian penerapan permainan tradisional meong-meongan mampu meningkatkan perkembangan percaya diri anak kelompok B3 semester2 Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Kumara Adi I Denpasar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan percaya diri anak setelah diterapkan permainan tradisional meong-meongan sebesar 15.00%.
Kata Kunci : permainan tradisional, meong-meongan, percaya diri

This thorough aims to knowing increase development of the child confident after implemented by Meong-Meongan Traditional Game to Group B3 of Child on 2 Terms Lesson 2015/2016 years in Kumara Adi 1 Kindgarden at Denpasar . This thorough is classroom action research (PTK) in the this thorough is Meong-Meongan Traditional Games. Thorough subject is Group B3 to 2 Terms on Lesson 2015/2016 years in Kumara Adi 1 Kindergarden , as many as 20 peoples. Data collections in the this thorough do with observation and instrument method. Data collections that using is a observation sheet . In the this thorough using to statistic descriptive analysis and statistic-quantitative analysis . Thorough of result show that increase development of the child confident after implemented by Meong- Meongan Traditional Games to children of Group B3 on Term 2 Lesson of 2015/2016 years in Kumara Adi 1 Kindgarden at Denpasar as big as 58,75 %. It can be seen from the increase in the average percentage of confident children in the first cycle of 72.00% with low criteria amounted to 87.00% in the second cycle which is on high criteria. Thus the application of Meong-Meongan Traditional Games able to enhance the development of confident children in group B3 second terms in the academic year 2015/2016 in kindergardenAdi Kumara I Denpasar. Based on the thorough, it can be consclusion that an increase children’s confident after implemented by Meong-Meongan Traditional Games as big as 15.00 %.
keyword : Traditional Games, Meong-meongan, Confident

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7423

Article Metrics

Abstract view : 181 times
PDF file view : 1681 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.