PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA LISAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.999Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berumur 4-5 tahun dengan jumlah anak 24 orang pada Taman Kanak-kanak Tunas Gama School kelompok A semester II tahun pelajaran 2012/2013. Data tentang keterampilan berbahasa lisan anak dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dengan instrumen berupa lembaran observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbahasa lisan setelah menerapkan model pembelajaran role playing berbantuan media gambar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan keterampilan berbahasa lisan berbantuan media gambar sebesar 42,01%. Dilihat berdasarkan analisis pada siklus I sebesar : 47,05% berada pada kategori sangat rendah dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 89,15% berada pada kategori tinggi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)