PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA LISAN

Penulis

  • Ni Komang Septiyaningsih

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.999

Abstrak

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berumur 4-5 tahun dengan jumlah anak 24 orang pada Taman Kanak-kanak Tunas Gama School kelompok A semester II tahun pelajaran 2012/2013. Data tentang keterampilan berbahasa lisan anak dikumpulkan  dengan menggunakan  metode observasi dengan instrumen berupa lembaran observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbahasa lisan setelah menerapkan model pembelajaran role playing berbantuan media gambar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan keterampilan berbahasa lisan berbantuan media gambar sebesar 42,01%. Dilihat berdasarkan analisis pada siklus I sebesar : 47,05% berada pada kategori sangat rendah dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 89,15% berada pada kategori tinggi.

Diterbitkan

2013-07-10

Cara Mengutip

Septiyaningsih, N. K. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA LISAN. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.999

Terbitan

Bagian

Articles