Instrumen Penilaian Kemampuan Bersosialisasi Anak Pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49301Kata Kunci:
bersosialisasi, covid-19, instrumenAbstrak
Keterampilan sosialisasi adalah sesuatu yang dipelajari, bukan sekedar hasil dari kematangan. Perkembangan sosial anak diperoleh selain dari proses kematangan juga melalui kesempatan belajar dari respon terhadap tingkah laku. Salah satu kemampuan yang penting dan menunjang perkembangan sosial adalah kemampuan bersosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen untuk mengukur kemampuan bersosialisasi untuk anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan desain RDR. Model RDR merupakan salah satu model pengembangan yang sangat sederhana terdiri atas 3 tahapan yaitu research (studi pendahuluan) development (pengembangan), research (uji efektivitas produk). Hasil dari penelitian ini yakni koefisien validitas isi instrumen penilaian kemampuan bersosialisasi anak kelompok B pada masa pandemi covid-19 sebesar 1,00 dan berada pada kriteria validitas tinggi. Kemudian, instrumen penilaian kemampuan bersosialisasi anak kelompok B pada masa pandemi dalam penelitian ini dapat dikatakan reliabel karena nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh lebih besar dari 0,60. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa instrumen kemampuan bersosialisasi untuk anak usia dini valid dan reliabel untuk digunakan dalam mengukur kemampuan bersosialisasi anak usia dini.
Referensi
Afrianingsih, A., Putri, A. R., & Munir, M. M. (2019). Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Melalui Program Pembiasaan Belajar di Rumah Berbantuan Media Sosial di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal tunas siliwangi, 6(2), 111–118. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p111-118.2148.
Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594.
Amelin, R., Ramadan, S., & Gani, E. (2019). Memahami Bahasa Anak Usia 14 Bulan melalui Unsur “Non-Linguistik”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.155. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.155
Annisa, A., & Sutapa, P. (2019). The Implementation of Nature-based Learning Models to Improve Children’s Motor Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 170. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.140. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.140
Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.123-148. DOI: https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.123-148
Arsa, D., Atmazaki, A., & Juita, N. (2019). Literasi Awal pada Anak Usia Dini Suku Anak Dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159
Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). Kebun Buah Learning Media for Early Childhood Counting Ability. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128
Ayuningtyas, F., Hartati, S., & Sumadi, T. (2019). The Impact of Academic Press and Student Teacher Relationship on Childrens Emotional Adjustment. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 91. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.148. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.148
Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136
Firyomanto, Wibawanto, H., & Syamwil, R. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Penilaian Diri, Teman Sejawat, Dan Penilaian Oleh Siswa. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(1), 32–40. https://doi.org/10.15294/jrer.v5i1.14878.
Gularso, D., Suryantari, H., Rigianti, H. A., & Martono. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 100–118. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15890. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15890
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Ismaniar, I., & Utoyo, S. (2020). “Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak pada Masa Pandemi Covid 19. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 147–157. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429. DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429
Isnaningsih, A., & Rohman, A. (2019). Participation of Mothers Who Work in Religious Activities Towards Child Behavior. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 199. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.157. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.157
Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126
Khaerunnnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627
Kusumawati, E., & Ambarsari, R. Y. (2021). Implementasi Permainan Tradisional Untuk Mengontrol Sosial Emosional Selama Proses Pembelajaran Daring Pada Anak Usia …. BERNAS: Jurnal Pengabdian …, 2(2), 524–529. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.923.
Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379
Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking : Media Pembelajaran CSK (CT-Sheet for Kids) dalam Matematika PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 975–984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.769. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.769
Mahriza, R., Rahmah, M., & Santi, N. E. (2020). Stop Bullying: Analisis Kesadaran dan Tindakan Preventif Guru pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 891–899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.739. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.739
Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183
Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2021). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529
Nugraha, Y. W. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA SMP (Studi Empirik di SMP Negeri 2 Playen Gunungkidul). Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, IV(2), 194–203. https://doi.org/10.30738/wd.v4i2.2278.
Nurhayati, F., & Rasyid, H. (2019). Implementation of Outdoor Games to Improve 4-5 Year Old Childrens Number Sense. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.133. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.133
Prima, E., & Lestari, P. I. (2018). The Improvement of The Discipline for Early Childhood Through Token Economy Technique. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 245. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.124. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.124
Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142
Putri Abadi, N. Y. W., & Suparno, S. (2019). Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.161. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.161
Rahimah, F. Y., & Izzaty, R. E. (2018). Developing Picture Story Book Media for Building the Self-Awareness of Early Childhood Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 219. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.102. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.102
Ritonga, R. A., & Sutapa, P. (2020). Literasi dan Gender: Kesenjangan yang Terjadi di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 965–974. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.749. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.749
Rohita, R., Fitria, N., Bustan, R., & Haryadi, D. (2018). Teacher’s Understanding of the Scientific Approach in the 2013 Curriculum for Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 235. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105
Rohmadheny, P. S., & Laila, Y. (2020). Expert Judgment of Learning Achievements Evaluation Instrument for Children Age 4-5 Years Old. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.524. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.524
Rosyati, T., Saprudin, S., & Alaydrus, A. S. (2020). Kinerja OCB pada guru PAUD ditinjau dari Educational leadership dan Integritas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.513. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.513
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Simarmata, N. N., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 194–199. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.122. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.101
Sudarsana, I. K. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Membentuk Karakter Anak, 1(1), 41–48. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.481
Sudirman, S., Kistiono, K., Akhsan, H., & Ariska, M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Ipa Berbasis Berpikir Kritis Pada Konsep Listrik Siswa SMP. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10903. DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10903
Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101–110. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468
Tatminingsih, S. (2019a). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130
Tatminingsih, S. (2019b). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170
Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523
Wulandari, P., Abadi, I. B. G., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SS Negeri Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun 2017/2018. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 161–168. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.15772.
Yani, A., & Jazariyah, J. (2020). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503
Yanthi, N., Yuliariatiningsih, M. S., Hidayah, N., & Sari, M. P. (2020). Pemanfaatan Limbah Bahan Tekstil Menjadi Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.363. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.363
Yumi, M., Atmazaki, A., & Gani, E. (2019). Performa Kalimat Anak pada Masa Konstruksi Sederhana: Studi Kasus terhadap Anak Usia 4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 191. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.162. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.162
Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain Peran: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 60. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509
Yusrizal, Y. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Dosen Di Perguruan Tinggi. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/parameter.291.10. DOI: https://doi.org/10.21009/parameter.291.10
Yussanti, D. W., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Supervisi Manajerial Kepala Sekolah PAUD Berbasis Website. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 217–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p217-230. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p217-230
Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Risa Huliana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)