Model Pembelajaran E-Kom Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini: Tahapan Penilaian Kelayakan

Penulis

  • Eko Murdijanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Pardimin Pardimin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Widowati Pusporini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.52371

Kata Kunci:

glenn doman, model pembelajaran E-Kom, kelayakan

Abstrak

Model Pembelajaran adalah suatu desain atau rancangan yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran, sehingga terjadi perubahan atau perkembangan pada diri anak. Model pembelajaran E-kom merupakan pengembangan dari metode Glenn Doman yang digunakan untuk pengembangan aspek bahasa anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas model pembelajaran E-kom yang telah dikembangkan oleh peneliti. Uji validitas model dilakukan melalui validasi ahli pembelajaran PAUD, Ahli media dan ahli bahasa. Hasil kelayakan berdasarkan expert judgement menggunakan formula Aiken menunjukkan bahwa Model Pembelajaran yang dikembangan memiliki validitas dengan perolehan hasil skor minimal 0,86 dan skor maksimal 1,00, jadi Model Pembelajaran E-kom adalah yang valid secara isi dan konstruk, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, media yang menarik, memiliki landasan yang kuat, dan terdapat konsistensi antar komponen model.

Referensi

Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.578.

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Amelin, R., Ramadan, S., & Gani, E. (2019). Memahami Bahasa Anak Usia 14 Bulan melalui Unsur “Non-Linguistik”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.155. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.155

Amini. (2016). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Permainan Pola Suku Kata Di Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12362. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12362

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Amri, N. A. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(2), 105. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864. DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Christianti, M. (2013). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042

Darmiatun, S., & Mayar, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Darnis. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3. DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3

Fathiara, A., Badarudin, B., & Muslim, A. H. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Gemar Membaca Peserta Didik Melalui Model Predict Observe Explain Berbasis Literasi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 92–101. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1863. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1863

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment, 6(1), 19–24. https://doi.org/10.22460/empowerment.v6i1p%25p.370.

Halimatussa’diyah, F., & Fahruddin. (2017). Pengembangan Media Big Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Paud Tanwirul Qulub Tahun Ajaran 2016/2017. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, 9–15. https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10534. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10534

Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah. (2019). Perancangan Media Pengenalan Warna Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Imajinasi Seni dan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553. DOI: https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553

Herlina, E. S., Agama, I., Negeri, K., & Tarutung, I. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir, 5, 332–342. https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1290.

Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Kompetensi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1392. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Humairo, V. M., & Amelia, Z. (2021). Peningkatan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Modifikasi Bentuk Permainan Congklak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 19. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.589. DOI: https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.589

Indrianti, D. T., Khutobah, K., & Latif, M. A. (2017). Potensi kearifan lokal dalam pendidikan keaksaraan fungsional pada masyarakat perdesaan di Kabupaten Jember. Journal of Nonformal Education, 3(2). https://doi.org/10.15294/jne.v3i2.10949.

Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. Anuva, 3(2), 109–118. https://doi.org/10.14710/anuva.3.2.109-118. DOI: https://doi.org/10.14710/anuva.3.2.109-118

Kholida, A., Sutama, I. W., & Suryadi, S. (2020). Pengembangan Alat Permainan Kartu U-Kids (Uno Kids) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 76–87. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854

Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2015). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520

Kurniawati, D. (2019). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Flash Card. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 59. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40. DOI: https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40

Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2021). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.33365/.v1i1.622. DOI: https://doi.org/10.33365/.v1i1.622

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Nafiqoh, H., Aprianti, E., Aprianti, E., Rohaeti, E. E., & Rohaeti, E. E. (2019). Peningkatan Keaksaraan Awal dan Pengenalan Kemampuan Berhitung Dasar Anak Usia Dini dengan Menggunakan Model Maya Hasyim. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4813. DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4813

Nuraeni, S., Maesaroh, A., & Sumitra, A. (2019). Optimalisasi Keterampilan Berbicara Untuk Meningkatkan Keyakinan Diri Anak Usia Dini Di Tk Baiturrahman Kabupaten Bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(4). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p166-172. DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p166-172

Nurani, Y., & Mayangasri, T. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2). https://doi.org/10.21009/JPUD.112.15. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.112.15

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557. DOI: https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Pramono, D., Ngabiyanto, Isnarto, & Saputro, I. H. (2021). Online Assessment pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19: Transformasi Dunia Pendidikan Menuju Paperless Policy. Indonesian Journal of Conservation, 10(2), 2020–2022. https://doi.org/10.15294/ijc.v10i2.33096.

Purnamasari, B. N., & Asri, S. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Jurnal STKIP Kusuma Negara, 1–8, 1–8.

Putri, L. A. D., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423. DOI: https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185

Romlah, R. (2017). Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2). https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2314. DOI: https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2314

Rosalina, A. (2011). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain. Psycho Idea, 1, 19–35. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v9i1.239.

Rusmono, & Alghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386

Sa’ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937

Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880

Uttari, S. A. P. L., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2018). Pengaruh Metode Eduitainment Terhadap Kemampuan Klasifikasi Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v6i1.15178. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15178

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2020). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660

Winarti, W., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Permainan Puppet Fun terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462

Diterbitkan

2022-12-12

Cara Mengutip

Murdijanti, E., Pardimin, P., & Pusporini, W. (2022). Model Pembelajaran E-Kom Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini: Tahapan Penilaian Kelayakan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 327–334. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.52371

Terbitan

Bagian

Articles